Wednesday, April 29, 2015

Museum Olahraga Nasional

Pengantar

Entahlah hingga kini pengelolaannya baik atau tidak Namun saya sebagai pemerhati disayangkan bila ini tidak terawat dengan baik karena usia bangunannya yang sudah lama.Ini penting karena merupakan bukti sejarah perjalanan pembangunan keolahragaan Indonesia sampai sekarang.
Museum Olahraga Nasional sebagai unit Pelaksana Teknis Kementerian Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas dan kewajiban memberikan informasi keolahragaan kepada masyarakat, sekaligus merawat dan memelihara benda-benda bersejarah hasil prestasi dan dokumentasi para anak bangsa di bidang Olahraga.
Pelestarian dan perawatan koleksi dilakukan setiap tahun , hal ini dilakukan dengan tujuan agar koleksi yang telah dimiliki tidak cepat mengalami proses pelapukan (korosi). Konservasi sebagai salah satu metode perawatan secara periodic dilaksanakan.
Sejak berdiri dan diresmikannya Museum Olahraga Nasional belum pernah sekalipun pembenahan dan tata ulang renovasi museum yang berarti, namun sejak tahun 2008 mulai tahap demi tahap dilakukan renovasi secara sporadis, dimulai dari renovasi fasilitas pendukung, pengadaan koleksi sampai tata ulang  ruang pameran, sekaligus mempublikasikan kepada masyarakat dengan melakukan pameran keliling diberbagai propinsi di Indonesia.
Dalam upaya memberikan pelayanan informasi dan sebagai tempat rekreasi yang mengandung nilai-nilai edukasi , museum olahraga perlu menginformasikan koleksi-koleksi yang dimiliki. Maka tidaklah berlebihan bilamana Website Museum Olahraga Nasional  ini Dengan seizi Allah Subhanallah wataala tercapai dengan tujuan menginformasikan secara global apa-apa yang ada di Museum Olahraga Nasional.
Melalui Website  ini masyarakat diharapkan akan lebih mengetahui koleksi dan fasilitas apa yang dapat dimanfaatkan, sehingga dapat memberikan penghargaan terhadap karya-karya peninggalan para olahragawan yang telah berjasa terhadap Negara Republik Kesatuan Indonesia.

Sejarah
Bermula dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX sewaktu menjabat sebagai Ketua KONI Pusat tahun 1981, ide pembangunan Museum Olahraga Nasional muncul. Melalui Yayasan Panji Olahraga beliau menyalurkan idenya dengan memberikan dorongan moril dan menganjurkan agar dana pembangunan digali dari masyarakat.
Pada tahun  1986 ide ini dicetuskan kembali oleh Menpora saat itu, yaitu Dr. Abdul Gafur. Pada tanggal 4 Oktober 1987 dilakukan peletakan batu pertama oleh Alamsyah Ratu Perwira Negara. Kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1989 yang bertepatan dengan HUT Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-14. Mendapat legalisasi hukum berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Nomor : PER 0015/MENPORA/II/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Museum Olahraga Nasional pada tanggal 27 Februari 2007.
 Pada tanggal 11 September 2014, Roy Suryo selaku Menteri Pemuda Dan Olahraga meresmikan dan membuka Museum Olahraga Nasional secara resmi setelah adanya revitalisasi. sejak itu Museum dibuka untuk umum biarpun dengan segala keterbatasan dalam hal tata pamer.

LANDASAN HUKUM

  1. UUD 1945 BAB XIII Pasal 32
  2. UU nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional pasal 77 ayat 2
  3. UU nomor 5 tahun 1992 tentang benda cagar budaya
  4. UU nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya
  5. Perpem nomor 10 tahun 1993 tentang pelaksanaan UU nomor 5 tahun 1992
  6. Perpem nomor 19 tahun  19 tentang pemeliharaan dan pemanfaatan benda cagar budaya di museum
  7. KepMenBudPar nomor : KM.33/PL.303/MKP/2004 tentang Museum
  8. PerMenPora nomor 15 tahun 2007 Tentang  UPT Museum Olahraga Nasional

VISI

  • Melestarikan puncak karya dan prestasi olahraga sebagai bahan kajian sejarah olahraga dan lingkungannya.
  • Menyediakan fasilitas kepada masyarakat menuju terwujudnya masyarakat gemar belajar dan berkehidupan yang sehat fisik, mental dan spiritual.

MISI

  • Menginformasikan kepada masyarakat, pemuda dan pelajar tentang perjuangan para atlit dan tokoh olahraga Nasional dalam memperjuangkan nama Indonesia di tingkat internasional dengan menunjang tinggi sportivitas.
  • Membina generasi muda dalam berprestasi di bidang olahraga baik Nasional maupun Internasional