Wednesday, May 13, 2015

100 KATA-KATA MOTIVASI TENTANG AKU

Oleh : Kalim,M.Pd.
Kepala SD Negeri Mojo 03 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Bercermin terus tanpa lelah tentang diri sendiri bisa mengasah motivasi kita tentang peristiwa yang mengiringi kita tiap waktu.Ini bagian dari pengalaman yang kurasakan,berani berpendapat,memunculkan gagasan baru secara spontanitas.Sayang bila sekedar ditulis terbuang.Dari sedikit demi sedikit aku kumpulkan untuk koleksi perjalanan hidupku yang bisa dijadikan pembelajaran berarti buat langkah maju ke depan.Rangkaian ini sengaja saya beri judul AKU karena bisa mewakili semua kalangan tidak untuk dibaca sendiri.
Semoga dengan hadirnya AKU bisa memunculkan aku-aku yang baik berkwalitas dalam membentuk karakter moral utamanya sebagai guru yang bisa digugu tanggung jawabnya dalam bekerja mencerdaskan bangsa.Ini karya yang saya kumpulkan di halaman facebook saya @kalim nuryati sebagai ajang saling berbagi.Untuk kandungan isi terserah kamu memaknainya dengan sejalan aku pada dirimu masing-masing.Seperti sajak 'Aku ' karya Kairil Anwar aku bisa mewaki kita semua jika ada yang tersentuh inspirasinya sebagai kata-kata bijak.

AKU 100
Harga seorang bapak melindungkan.Jiwa seorang ibu memartabatkan.Nilai seorang anak meneruskan.Dan keluarga menjadi nafas masa depan.
AKU 99
Jangan melihat sesuatu berdasar hasil dan keuntungan saja.Bagiku kamu sudah menjalankan menurut kritik dan logika.Karena rugi menanti dan kecewa mengikutinya.
AKU 98
Bergeraklah hidup bagai air yang mengalir.Dari atas ia tidak sombong mau berbagi ke bawah.Andai dia seorang pemimpin akan terpanggil selalu turun ke bawah mendengar menolong suara kaum bawah umat kecil manakala kekurangan.Air itu selalu taat mengisi ruang -ruang kosong menyegarkan mengisi relung-relung hati yang kadang kekeringan.Membasuh semua bagian badan kita yang artinya membersihkan fikiran untuk selalu berbuat kebaikan mengusir kekotoran bathin.
AKU 97
Seorang sahabat kadang datang dari anak muda yang keras namun mendewasakan yang perlu kita terima.Seorang sahabat muda tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.Sahabat muda tidak pernah membungkus pukulan dengan bicara, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya yang tua mau berubah.
AKU 96
Jujur saja,entahlah orang sepertiku mudah muncul untuk membenci dan sangat sulit untuk mencintai.Mengajak hal yang baik sulit untuk dicapai; dan hal-hal yang buruk sangat mudah untuk dilakukan.Memang gerak bicara nafas kita semua berangkat dari salah dan kebenaran ketemu ketika ditunjukkan kesalahannya oleh orang lain.Barangkali sendiri itu keterbatasan.
AKU 95
Kita tidak bisa mengubah masa lalu kita. Kita tidak bisa mengelak fakta bahwa orang-orang bertindak dengan cara tertentu tentang diri kita. Kita tidak kuasa melawan nasib. Kita lemah melawan lupa.Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan adalah bermain di satu objek yang mewakili rangkaian karakter yang kita miliki, .Itu batas bicara seputar orang -orang dekat kita.Dan itu adalah SIKAP KITA.
AKU 94
Jangan meninggalkan tugas setengah matang. Meninggalkan urusan yang belum selesai adalah ciri khas orang yang tidak teratur.Tidak bertanggung jawab dalam pekerjaan.
AKU 93
Seperempat kebuntuan terobati dengan humor.Separuh untuk normal adalah dengan senyum.Dan jalan kemudahan adalah pendekatan.
AKU 92
Pekerjaanmu akan mengisi sebagian besar hidupmu, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang kamu yakini jalan pekerjaanmu adalah bermanfaat untuk siapapun walau kecil penghasilan.Dan keiklasanmu bekerja akan menjadi pemyejuk hati kala keringatmu menetes menyentuhNya.
AKU 91
Disiplin tanpa kompetensi akan menjadi penonton.Kompetensi tanpa disiplin akan menebar bohong.
AKU 90
Tantangan saat ini merupakan peluang masa depan.Tantangan bukan musuh.Tantangan adalah proses kebenaran dan kejujuran dalam menghantarkan ke jalan sukses yang kadang dianggap menakut takuti peluang.
AKU 89
Yang membunuh sukses bukan kekurangan.Kendali kerja kamu disiplinkan karena Tuhan memberi kaya kepada setiap umatNya.
AKU 88
Bukan melakukan kapan untuk memulainya tetapi berbuatlah untuk yang mudah dulu untuk mengenal siapa diri sendiri sebelum kamu bisa berbagi.Karena berbagi adalah kepercayaan.
AKU 87
Hidup bukanlah beban.Hidup adalah hidup yang selalu bergaul dengan zaman senantiasa mencintai masalah.Hidup akan terasa beban jika kau tidak punya masalah.
AKU 86
Ingin sukses,belajarlah tentang keraguan.
AKU 85
Nafas berfikir insting memudahkan engkau sukses melihat masa depan.
AKU 84
Bangkrut senilai mengundurkan diri,mereka bukan gagal mereka bernyali.
AKU 83
Pencegahan itu pemberantasan yang gampang sangat manusiawi.
AKU 82
Engkau bijak karena merasa masih punya musuh.
AKU 81
Senyum akan menjawab pengertian,tawa akan menjawab keterasingan,tangis akan menjawab ketidaksempurnaan dan tanya tIdak meski butuh jawaban.
AKU 80
Jumlah yang besar belum tentu terbaik karena tidak ada monopoli dalam budaya.
AKU 79
Naik kelas termudah itu meluluskan naik kelas terberat adalah mendewasakan.
AKU 78
Moralmu adalah bagian terkuat dari siapa dirimu.
AKU 77
Jujur itu seberat murni dan tegas sebesar tindakan.Kini dianggap mulai langka tak sekedar dicari meski dibuktikan.
AKU 76
Kadang-kadang kita lupa betapa pentingnya untuk benar-benar mendengarkan diri kita sendiri, bukan orang lain. Kebahagiaan tergantung pada diri kita sendiri.Namun beberapa hal dalam hidup kamu harus selalu bersikeras untuk dilakukan diri sendiri untuk tidak peduli apa yang dikatakan orang lain tentangmu.Tetap menjaga kerahasiaan keharmonisan namun tidak egoisme.
AKU 75
Terima gaji pertama adalah titik puncak kepercayaan untuk pengabdian kerja yang berkwalitas dan bermartabat
AKU 74
Dimusuhi setara ditolak dan diterima seharga tantangan.Semuanya bernilai tanggung - jawab.
AKU 73
Benar-benar tanda-tanda kembali ke jaman batu,karena melempar kursi terasa lebih nikmat ketimbang minum secangkir kopi !
AKU 72
Melihat kesuksesan orang lain itu seperti mengukur kedalaman ikhlas di hati sendiri.Ibarat menanam benih sukses yang kelak sukses seperti mereka karena ada benih meniru untuk sukses yang sama atas dasar benih kejujuran.
AKU 71
Kesuksesan itu seperti mengejar mimpi.Bukan harus melibatkan memperoleh sejumlah uang.Apapun yang dikata orang lain apa yang dikata tentangmu adalah sukses,karena saling bertemu menyelamatkan.Apapun kedudukanmu engkau bisa mensukseskan.Meski kecil yang diterima adalah sukses,karena engkau tidak ditolak.
AKU 70
Sukses adalah sebuah perjalanan bukan tujuan.Kesuksesan adalah jumlah-jumlah tak terbatas tugas dan kegagalan yang dilakukan sambil bergerak ke arah-arah tertentu dalam hidup. Sukses adalah proses yang tidak pernah berakhir pada satu titik saja.Banyak titik depan menanti yang belum diketahui.Dari terminal satu ke terminal syukur berikut bersamaNya
AKU 69
aku mengajarkan sendiri,raja mengajar kekuasaan,negara mengajar perintah dan Tuhan mengajarkan cinta.
AKU 68
Generasi bercermin ke keturunan, angkatan melahirkan visi,kader meluaskan tujuan dan masa memutuskan kuasa.
AKU 67
Berada di atas belum tentu senilai di depan demikian sebaliknya,karena kedudukan itu amanah memancar ke segala arah.
AKU 66
Miskin tidak bertumpu pada rasa lapar, namun malas dalam ketaatan.
AKU 65
Mendayakan instink dan mempertajam indera adalah sumber doa rasa syukur kepadaNya
AKU 64
Tak ada orang yang bodoh,itu hanya keterbatasan berfikir untuk berusaha.
AKU 63
Inspirasi melahirkan nama,pendiri pertama,pemimpin dalam mengatasi kesulitan.
AKU 62
Masa depan terburuk adalah keputusan yang berdasarkan nilai kekayaan dan kesamaan pertemanan.Itu berlangsung tiada henti sekarang yang menciderai kehormatan.Dan pada waktunya Tuhan pasti mengadilinya.
 AKU 61
Sampah bukan berarti nista terbuang apalagi hukuman.Tunjukkan bahwa tangan kotor kamu sebagai pekerja mulia seorang pemberi bukan peminta.
AKU 60
sepertinya kembali ke zaman batu.ini artinya membatu bersikukuh teguh pada pendirian jangan mudah terpengaruh apapun yang baru mode bisa-bisa malah menyesatkan.Bukan cukup sebagai perhiasan.Nilai keteguhan keimanan menjadi hal yang mahal ibarat batu berkilau pesona cahaya iman harus membatu seperti kilauan batu yang meyakinkan yang mencerahkan bagai matahari dan bintang.Tuhan menitipkan pesan pada/lewat batu supaya bisa sebagai perhiasan iman kepada manusia di jarinya.
AKU 59
Peran otoriter jauh lebih terhormat ketimbang keputusan mekanisme yang sarat pertikaian karena ada kepantasan disana.Otoriterpun mengandung unsur kecepatan,ketegasan yang membijaksanakan dari pada mekanisme yang berjalan alot memberatkan karena muncul tumpukan masalah baru yang kadang kurang mendidik.
AKU 58
Demi memikul tanggung jawab tetap aku tempuh meski rugi.Biarlah dia tertawa puas atas ulah yang diperbuatnya kepada diriku atas pertaruhan kepercayaan meski aku sakit namun jiwaku sehat bersama Tuhan.
AKU 57
Alam itu jujur.Manusianya saja yang maunya enaknya sendiri tidak mau jujur bersahabat.
AKU 56
Mendengar kebahagiaan orang lain itu seperti mendapat kesenangan tanpa bayar dan ibarat membersihkan hati tanpa menyapa.
AKU 55
Teori terkomplit adalah kedewasaan,metode terbaik itu keteladanan dan cara termudah adalah kesederhanaan.
AKU 54
Beda tingkat kesulitan bukan alasan untuk menyerah.Selalu kerja meski banyak kekurangan.Dan perjalanan rezekimu dimudahkan olehNya.
AKU 53 (puisi)
kita berteduh di matahari yang sama
kita bermalam di bulan yang sama

tanah sebagai kaca

dan langit menajamkan doa

cintaku pelan tapi pasti memelukNya

AKU 52
Engkau hanya melihat siapa pimpinan,aku hanya melihat siapa hari ini tidak makan.
AKU 51
Zaman menunjukkan peta kesejahteraan masa membaca kesulitan dan waktu memutuskannya.
AKU 50
Pertarungan itu bukan adu kuat,sikapilah sebagai adu solusi karena Tuhan menyembunyikan kebenaran kepada mereka yang lemah agar engkau tak cidera.

( Bagian 1) bersambung