Saturday, May 16, 2015

100 TEMA CINTA KATA-KATA BIJAK @KALIM NURYATI


Bergaul dengan sesama guru dalam menyenangi profesi terasa tak sengaja banyak sekali pembicaraan yang muncul yang kadang hilang begitu saja.Saya mencoba menulis apa-apa yang terjadi di seputar mereka.Inilah yang membuatku terinspirasi untuk mengabadikannya.banyak pembelajaran yang dapat kita petik dalam merefleksikan di dalam mengajar.Namun tidak sebatas itu juga kata-kata yang sekiranya tidak menarik menurut mereka aku kemas sehingga bermanfaat untuk bahan menulis.

Seringnya aku membuat status facebook dan Twitter membuat diriku membatasi diri untuk tidak hanya berkomentar namun berkarya menghasilkan kata-kata bijak menurut versiku sendiri secara spontanitas.Tanpa sengaja kukumpulkan di log kiriman akunku ternyata jumlah judulnya banyak sekali.Aku berfikir dari pada hilang begitu saja aku jadikan kenangan.Semoga bermanfaat untuk dibaca sebagai ontologi puisi berkombinasi kata-kata bijak yang menurut saya terkait erat sekali.
Selamat berinspirasi tanpa henti !
(Bagian  kedua )

TEMA CINTA 99
Tidak pernah ada waktu atau tempat untuk cinta sejati. Ini terjadi secara tidak sengaja, dalam sekejap, dalam kedipan mata, berdenyut sesaat.Peluang munculnya kecil sekali seperti indahnya cahaya detik-detik matahari tenggelam di garis cakrawala.

TEMA CINTA 98
Aku bisa palsukan senyum ketika saya merasa berpura-pura suka.Dan aku bisa berpura-pura menjadi bahagia. Tapi, apa yang saya tidak bisa lakukan adalah ketika berpura-pura bahwa aku tidak mencintaimu.
 
TEMA CINTA 97
Cinta itu seperti menanti cerita bersambung yang disukainya.
Menunggu adegan demi adegan, geregetan seolah kamu menjadi aktor disana.Bahkan engkau berani mengubah alur. Mensettingnya sendiri dengan mainsetmutmu sendiri meneruskan ketidaksabaran cerita aslinya.Ibarat menunggu kesetiaan demi kesetiaan untuk meyakini datangnya mempertemukan janji.
TEMA CINTA 96
Cinta tidak pernah menangis walau kita telah terpisah oleh jarak, dan untuk hitungan waktu. Mengapa? Karena selama kita berbagi langit yang sama dan menghirup udara yang sama, kami masih bersama-sama.
 
TEMA CINTA 95
Cinta melahirkan sel,menetaskan ruh,menetapkan nama-nama,menciptakan sejarah,memartabatkan peradaban,membuat negeri-negeri mimpi baru,membuat kamu ditertawakan.Menggilakan untuk dikaji namun harus dinikmati !
TEMA CINTA 94
Pada waktunya cinta seperti ujian.
Cinta itu rasa jengkel seorang pengarang ketika inspirasi tak datang.Seperti penulis yang galau ketika buntu tak ada yang dicoretnya.Terus tidur lama menggauli freustasi.Menata ulang kebangkrutan mereka-reka bangkit menderitakan.Hampa,kembali mengais sisa-sisa inspirasi yang kering.Berfilsafat kosong karena tiada yang diurai.Itu semua ujian tak bisa dihindarkan menjemput titik nadirnya.
 
TEMA CINTA 93
Cinta itu seperti tidak sengaja mendatangkan ribuan pelukis yang berbeda latar dan imajinasinya.Melukiskan mimpi-mimpimu dan memimpikan lukisan dirimu yang berbeda yang belum ada lukisan terlahir sebelumnya.
 
TEMA CINTA 92
Suatu saat cinta datang dengan sendirinya.Suatu waktu cinta datang seperti caranya sendiri yang berbeda, hanya satu wujud yang tidak sama dengan yang lain.Tiba-tiba datang seperti lagu,kamu senang menyanyikannya.Melantunkan ayat-ayat syair didalamnya lalu kamu menghayatinya.
 
TEMA CINTA 91
Cinta musti ditepatkan boleh disepertikan.
Cinta ibarat rumah yang besar tempat kembalinya bentuk visi fungsi pertama kalinya sebelum kita pergi.Tempat berteduh mengkomunikasikan fungsi-fungsi kasih sayang penghuninya.Bukan tempat transit yang bersifat sementara.Tempat membina kesepakatan-kesepakatan yang membahagiakan setelah kembali.Tempat memanah dengan tepat arti berumah tangga sebagai fondasi cinta.
 
TEMA CINTA 90
Cinta itu bergerilya secara halus,diam-diam,sembunyi-sembunyi dalam menyampaikan pesannya.Mengajak ke dunia lain yang aneh yang berwarna sesuai yang mereka bangun antara menerima dan diterimanya keinginan indah.Menjadi seni cara kita melihatTuhan terus menerus tiada henti.
 
TEMA CINTA 89
Cinta itu sibuk.
Cinta yang berbobot adalah sibuk memuaskan setiap proses pekerjaan, bukan sibuk melelahkan mempersalahkan hasil yang berpotensi konflik.
 
TEMA CINTA 88
Bukan hanya suka kata-kata bijak yang katanya-katanya masuk dimata saja.Sukai sebentar lalu lewat karena dibaca saja.Namun sukakan bijak yang realita yaitu yang bisa melepas kesulitan anda tanpa ragu dan terpendam.Semua itu ada pada komitmen cinta.
 
TEMA CINTA 87
Cinta pertama memang sangat berkesan namun,kalah dengan cinta sekarang.Sebab kesan yang dulu kau ingat sudah tidak berkesan dengan keadaan kesan sekarang.Bobot cinta sekarang mampu mempertahankan perjalanan cintamu dulu sampai sekarang,yang kadang menyakitkan tetapi tidak menjatuhkan.
 
TEMA CINTA 86
Cinta itu berani mengakui salah.
Salah adalah kebenaran yang tertunda yang mencoba terus usaha sebelum berhasil.Kebenaran adalah kebenaran,yang kadang perlu kesalahan untuk menyempurnakannya.Cinta selalu menguji engkau dengan kesalahan demi kesalahan agar tidak puas untuk mencoba.Tuhan memberi imbalan dengan cara menguji umatnya yang cinta kepadaNya supaya tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan.
 
TEMA CINTA 85
Cinta adalah pimpinan yang menyadari memilih sederhana sebagai sahabat dengan berpedoman ikhtiar.Ikhtiar diartikan sebagai kekuatan untuk memilih berdasarkan cinta atas daya dan pengetahuan yang diberikan Allah SWT melalui upaya dan intelek manusia, sehingga ia dapat memilih sesuatu yang akan dikerjakan atau tidak dikerjakan.Kesederhanaan menjadi alat pengingat setiap pemimpin agar tidak serakah semena-mena sebagai penguasa.Pemimpin yang dicintai anak buahnya adalah pemimpin yang menyadari bisa melebur dia sebagai kuli amanahnya.Walaupun secara fisik bos boleh berpenampilan kaya sesuai zamannya.
 
TEMA CINTA 84
Cinta adalah tangan yang menengadah kuat memanjatkan doa.
Saya lihat banyak yang berdoa dengan mengantuk maka rejekimu seperti kantuk saja,ketika tanganmu kendor menengadah itu ibarat mengendorkan memperoleh rahmatNya.Barangkali kamu mengencangkan doamu manakala pada saat memperoleh sukses saja dengan melakoni segala sukanya.Berdoa dengan tangan yang kuat akan mendekatkan tanganmu memperoleh uluran ridloNya.Maka selalu ingatlah berdoa dengan khusuk ketika berdoa.
 
TEMA CINTA 83
Sebenarnya engkau buta ketika engkau melihat,karena engkau tidak mengerjakan apa-apa yang orang buta lihat,walaupun kamu bisa melihat dengan sempurna yang baik-baik saja namun menyesatkan.Hatimu buta karena nilai hidupmu mundur selangkah terus menerus rajin melupakan sedekah,rajin melupakan ibadah.Maka Alloh akan melihat kamu seperti orang buta,kecuali kalau engkau mencintai arti melihat amal yang sebenar-benarnya untuk melihat Alloh.
 
TEMA CINTA 82
sayang
aku datang tidak untuk bermanis-manis
karena keriputku bertambah kusut bergaris-garis
sayang
aku tak suka merindu-rindu
walau kutunggu ubanku toh masih berwarna kelabu
sayang
kali ini aku bawa oleh-oleh foto kejujuran
barangkali bisa untuk bercermin untuk masa depan
sayang
semusim ini aku merasa terkuras letih
menantang angin hujan panasnya sedih

sayang
apakah rayuanku dulu masih terasa getar di pundakmu ?
kali ini aku datang dengan getar cinta yang sama seperti dulu
bahkan lebih perkasa
seperti ombak samodra !
 
TEMA CINTA 81
Cinta itu mengelola curiga tidak menyerah dalam memperbaiki tuduhan dan fitnah dalam memperjuangkan damai.Yakinlah bahwa kesalahanmu yang Allah tutupi dari manusia jumlahnya lebih banyak. Ingatlah akan nikmat Allah ini di mana Ia tidak perlihatkan kepada si penuduh kekurangan-kekuranganmu lainnya.
 
TEMA CINTA 80
Becinta itu seperti bermimpi namun bukan melamun,terbang namun bukan berkhayal.Kejar terus mimpi yang tidak masuk akal menjadi berakal sampai engkau bangun tidur sadar kalau mimpi itu menerbangkan akal sebagai cikal bakal meraih kenyataan kesuksesan.