Saturday, May 9, 2015

Budayakan Semangat Meneliti Siswa

Fri, 05/08/2015 - 18:23
Jakarta, Kemendikbud --- Internasional Science Project Olympiad (ISPRO) merupakan ajang yang dapat membudayakan semangat meneliti bagi siswa baik di dalam negeri maupun luar negeri. Semangat meneliti siswa seperti ini yang perlu ditumbuhkan dan jadikan sebagai budaya bagi para kaum muda.
Demikian disampaikan Krissanti Putrika Adiwijaya, salah satu pemenang ISPRO tahun 2015, saat ditemui kemdikbud.go.id seusai acara pemberian penghargaan pemenang ISPRO, di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat (08/05/2015). “ISPRO ini sangat luar biasa. Melalui ajang seperti ini, kita dapat bersemangat dalam menumbuhkan semangat meneliti,” tuturnya.
Sebelum mengikuti ISPRO, Krissanti pernah mengikuti ajang Olimpade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2014. Pada ajang tersebut, ia mendapatkan juara satu dan medali emas. Dengan terulangnya kembali meraih medali emas pada ajang ISPRO di tahun 2015, Krissanti merasa bahagia yang tidak dapat diucapkan dengan kata-kata, namun dapat dirasakan. 
“Perasaan saya seneng banget bisa dapat juara satu. Saya berterima kasih kepda Tuhan YME, dan semua yang telah membantu saya,” ucapnya dengan haru.
Pada penelitiannya di ajang ini, Krissanti mengambil judul “Osteodrink From Kolang-Kaling and Kersen Leafs Extracts As Calsium  and Floestrogen Supplements In Osteoporosis Prevention”. Dengan pemilihan judul tersebut, ia menjelaskan, dalam penelitiannya membuat osteodrink dan ekstrak kolang-kaling dan daun Kersen sebagai kalsium dan fistoestrogen untuk pencegahan osteoporosis.
“Latarbelakangnya membuat penelitian itu karena Indonesia itu menjadi salah satu negara dengan kondisi kepadatan tulang yang cukup buruk. Dua dari lima wanita di Indonesia itu berpotensi osteoporosis,” jelasnya siswa kelas 12 SMA Stella Duce 1 Yogyakarta.
“Melalui penelitian saya ini juga, saya berharap dapat membantu memecahkan permasalah kesehata. yang ada di Indonesia,” harap Krissanti. (Seno Hartono)