Friday, May 29, 2015

Kemendikbud Berikan Penghargaan Kepada Penulis dan Fotografer Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Fri, 05/29/2015 - 13:09
Jakarta, Kemendikbud --- Sebagai upaya mendorong penulis dan fotografer untuk terus berpartisipasi mengembangkan pikirannya dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan kepada penulis dan fotografer, melalui  acara Lomba Artikel, Features, dan Foto Bidang Pendidikan dan Kebudayaan yang diadakan setiap tahun.
“Saya sampaikan selamat kepada para pemenang. Kita ingin lebih banyak lagi yang menulis di bidang pendidikan dan kebudayaan, termasuk penulisan dan foto-foto yang menjadi kampanye positif,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara pemberian penghargaan kepada para pemenang Lomba Artikel, Features, dan Foto Bidang Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015, di Jakarta, Kamis (28/05/2015).
Lomba tersebut bertemakan “Penguatan Pelaku Pendidikan, Siswa, Guru, Orang Tua dan Kepala Sekolah,”. Tema ini, menurut Plt. Sekretaris Jenderal Hamid Muhammad merujuk kepada tiga sentra pendidikan, khususnya terkait dengan penguatan pelaku atau aktor pendidikan yaitu siswa, orang tua, guru, dan kepala sekolah.
Artikel, Features, dan Foto Bidang Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015 diikuti 1670 peserta, dibagi dalam lima kategori. Kategori lomba artikel terkumpul sebanyak 256 naskah, lomba features 70 naskah, lomba foto kategori pelajar 353 foto, kategori guru atau orang tua siswa sebanyak 855 foto, dan katogori wartawan sebanyak 136 foto.
Pada kategori lomba foto pelajar juara pertama diraih oleh Shirley Angelica, kategori lomba foto guru dan orang tua juara pertama diraih oleh Hani Utami Rahayu, dan kategori lomba foto wartawan juara pertama diraih oleh Andri Mardiansyah. Sedangkan lomba penulisan artikel juara pertama diraih oleh H.Hapazah, dan kategori lomba penulisan features juara pertama diraih oleh Idil Agsa Akbary. 
Pemenang masing-masing kategori mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan dari Kemendikbud, dan uang tunai. Pemenang juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, Juara kedua Rp7.5 juta, dan juara ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp5,5 juta.
Mendikbud berharap ke depan dapat lebih banyak lagi masyarakat terlibat dalam ajang lomba artikel, features, dan foto bidang pendidikan dan kebudayaan. “Saya ucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara, dan para juri. Di masa mendatang mudah-mudahan kegiatan ini bisa lebih luas, dan partisipasinya lebih banyak lagi,” tutur Mendikbud. (Seno Hartono)