Wednesday, May 27, 2015

Palembang Tuan Rumah OSN ke-15 Tahun 2016

Sun, 05/24/2015 - 09:21
Yogyakarta, Kemendikbud --- Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu agenda tahunan penting Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang secara konsisten dilaksanakan secara bergiliran di daerah-daerah sejak tahun 2002. Usai penutupan pelaksanaan OSN ke-14, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Achmad Jazidie menyampaikan Palembang, Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah OSN ke-15 tahun 2016. 
"Pemilihan tuan rumah pelaksanaan OSN sudah ditentukan pada pelaksanaan OSN tahun sebelumnya. Kami sampaikan selamat,  Palembang menjadi tuan rumah ajang olimpiade nasional tahun 2016," tutur Jazidie,pada acara penutupan OSNke 14 di Yogyakarta, Sabtu (23/05/2015).  
OSN tetap konsisten dilaksanakan, kata Jazidie, karena merupakan upaya penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah dengan menumbuhkembangkan kecintaan para siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. "Dengan harapan, kecintaan tersebut penerapannya dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat yang ada di sekitarnya," ujarnya.  
Jazidie menambahkan, OSN juga dirancang dalam rangka menyiapkan generasi muda yang mandiri, tangguh, dan berintegritas. Para siswa terbaik yang terpilih, khususnya para peraih medali emas akan terus didampingi untuk mengikuti berbagai ajang olimpiade pada tingkat internasional. Peraih medali emas pada ajang olimpiade internasional akan mendapatkan beasiswa sampai dengan S3, dan peraih medali perak akan mendapatkan beasiswa sampai dengan S2. Sedangkan peraih medali perunggu akan mendapatkan beasiswa S1.  
"Beasiswa tempat pendidikan dapat dipilih dimana saja, baik dalam negeri ataupun luar negeri. Tetapi sebelum berkuliah diluar negeri, untuk S1 diwajibkan untuk mengambil kuliah di Indonesia," jelas Jazidie. (Seno Hartono)