Monday, May 4, 2015

Peluncuran Buku Cerita Musikal Warnai Pendidikan Karakter Melalui Musik

Mon, 05/04/2015 - 10:50
Jakarta, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan ada tantangan bagi anak muda yang kreatif untuk mengembangkan kreativitasnya menciptakan lagu yang berisi pesan baik dan mengandung pendidikan karakter. Dwiani Indraningsri, salah satu anak muda yang menjawab tantangan itu, menghasilkan sebuah karya berupa Buku Cerita Musikal "Petualangan Lila dan Zio". Peluncuran buku tersebut menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015. 
 
Dalam acara peluncuran Buku Cerita Musikal "Petualangan Lila dan Zio", Mendikbud mengatakan buku tersebut bisa menjadi suatu terobosan dalam mengajarkan karakter yang baik kepada anak-anak. "Karakter itu harus diajarkan, kemudian dibiasakan, lalu didisiplinkan," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran buku di Gedung A Kemendikbud, Jakarta, (02/05/2015).
 
Dwiani Indraningsri, ujar Mendikbud, menjadi contoh bahwa pendidikan bukan semata urusan kedinasan atau pemerintah. Pendidikan adalah sebuah gerakan, dan pendidikan harus menjadi tanggung jawab bersama. "Indri ini bukan guru, bukan pegawai Kemendikbud, tidak punya ikatan konstitusional dalam bidang pendidikan. Tapi ia memiliki tanggung jawab moral dengan cara berkarya," tutur Mendikbud.
 
Ia juga menuturkan, saat ini dunia pendidikan ingin mendorong proses pembelajaran jadi menyenangkan, baik bagi pendidik maupun anak-anak. Karena itu buku cerita musikal dapat digunakan sebagai salah satu terobosan dalam pendidikan karakter. 
 
Buku Cerita Musikal "Petualangan Lila dan Zio" merupakan buku cerita bergambar yang berisi kumpulan lagu anak-anak ciptaan Dwiani Indraningsri, yang akrab dipanggil Indri. Indri adalah seorang komposer, konduktor, dan musik edukator, sekaligus Master of Music Education dari Universitas Boston, Amerika Serikat. Buku ini ditulis dengan latar belakang minimnya lagu anak-anak yang beredar, sehingga banyak anak-anak yang menyanyikan lagu dewasa. Selain itu, saat ini banyak orang tua yang jarang membacakan cerita ke anak-anaknya. Padahal kegiatan membacakan cerita dapat meningkatkan kemampuan imajinasi anak dan mendekatkan hubungan orang tua dan anak.
 
Acara peluncuran Buku Cerita Musikal "Petualangan Lila dan Zio" dihadiri juga oleh Menko Kemaritiman Indroyono Susilo, Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sarwono Kusumaatmadja.  (Desliana Maulipaksi)