Saturday, May 30, 2015

PERAN PENTING GURU KELAS 6 SD


Oleh : @kalim nuryati
Terdapat 5 pola tingkah laku guru secara umum dalam pengelolaan kelas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan meliputi kualitas pembelajaran yang bervariasi sesuai variasi kompetensi guru; kualitas pembelajaran tergantung waktu guru beraksi; kualitas pembelajaran bervariasi tergantung latar belakang subjek didik; kualitas pembelajaran tergantung kemampuan guru menguasai kurikulum; dan kualitas pembelajaran tergantung kemampuan guru memilih metode mengajar yang tepat.

Tidak berlebihan jika peran guru kelas 6 mendapat perhatian dan perlakuan khusus dari kepala sekolah dewan guru dan komite.Saya sendiri sebagai kepala sekolah memusyawarahkan khusus sebelum memberikan SK pembagian tugas mengajar.Dukungan pengajar yang bersangkutan menerima dengan ikhlas tanggung jawab beban kerja ini juga harus diistimewakan dalam kerangka mengajar menghasilkan lulusan yang berkwalitas. Mengapa demikian ? karena kelas 6 merupakan titik sentral prestasi belajar di SD yang jika diajar oleh guru yang tidak kompeten akan menghasilkan lulusan yang biasa-biasa saja.

Hasil prestasi kelas 6 seolah mewakili semua proses mutu akademik dalam sekolah tersebut.Berdasarkan realita alokasi waktu ternyata hari efektif sampai menjelang ujian nasional begitu terbatas padat memang harus dicermati sebagai waktu berharga dalam peningkatan kwalitas belajar kelas 6.Saya yang pernah mengalami sendiri langganan mengajar kelas 6 sebelum menjadi kepala sekolah tahu betul betapa beban tanggung jawab ini begitu besar.Disinilah fokus yang harus disadari pengajar kelas 6 yang begitu istimewa dalam mendongkrak prestasi.Inilah kebanggaan dan kepuasan tersendiri dalam mengajar kelas 6 yang kental dengan kehati-hatian banyak faktor yang mempengaruhi kelulusannya.

Meskipun kini pemerintah memutuskan bahwa ujian nasional tidak merupakan penentu kelulusan namun sepanjang masa kelas 6 harus diperlakukan khusus terasa sakral yang tidak bisa dihilangkan dalam proses kesiapan sampai kelulusan mendapat ijasah ,surat keterangan hasil ujian Nasional (SKHUN) yang merefleksikan tingkat diterimanya melanjutkan sekolah diatasnya.Nilai yang terbaik akan menjadi daya saing mutu kelulusan dalam melanjutkan ke SMP/MTS yang tentunya favorit diidam-idamkan dapat dipercaya dalam menggantungkan cita-cita siswa belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai guru saya sendiripun berpendapat tidak terlalu mendewa-dewakan bahwa guru kelas 6 adalah super hero diperlukan visi bersama melihat siswa secara keseluruhan mulai dari kelas 1 sampai kelas 5.Saya sendiri mengaku bahwa mengajar kelas 1 atau kelas rendahpun saya tidak bisa.Semua guru berharga sama hanya diperlukan ketelitian melihat kebutuhan mental,sosial dan karakter siswa yang mumpuni seorang guru bisa terbantu mengajar dengan maksimal.
Secara penguasaan taknologi informasi kini guru kelas 6 dalam perkembangannya adalah sebuah keharusan untuk menguasai alplikasi data ,tata penilaian,penyiapan penyelenggaraan ujian yang serba komputer cepat dan tepat sehingga guru kelas 6 memang seseorang yang dianggap mempunyai kelebihan rata-rata guru yang lain.Guru kelas 6 patut dihormati dihargai sebagai garda depan pemimpin kecil yang berpengaruh besar dalam mutu kualitas out put sekolah yang bersangkutan.