Sunday, July 19, 2015

8 Tips Memilih Program Pengembangan Profesional Untuk Guru

di depan rumah insprasi
http://KALIM PENGAJAR.dinamikagurusd.blogspot.com

Sejak diluncurkan program sertifikasi guru tahun 2006 saya mengamati banyak dari mereka yang sudah mendapat fasilitas ,uang dan kesejahteraan namun dalam refleksinya mereka tertinggal dengan apa itu memaknai prinsip-prinsip profesional utamanya teknologi pendidikan yang cepat berkembang dan kita lamban mengantisipasinya.Hanya sebagian kecil yang menerimanya ini sebagai kelanjutan tanggung jawab sebutan profesional.Untuk itu saya berusaha memberikan beberapa tips dalam menjaga keprofesionalan kamu dalam tugas dan bekerja agar pede dan yakin bahwa penghasilan kamu sebagai seorang guru bersertifikat pendidik tidak hanya digunakan untuk hal-hal konsumtif diluar bidang keprofesionalan kamu.Bisa digunakan bahwa kamu betul-betul sebagai contoh bagi yang belum profesional dan mendapatkan sertifikat pendidik.Dengan adanya suara-suara sumbang merosotnya kwalitas pendidikan tidak sesuai dengan keprofesionalan guru sekarang menjadi sorotan semua fihak.

Sebagai pilihan teknologi untuk memahami pesan Kurikulum untuk dikembangkan di kelas tumbuh dengan pesat, pendidik ditantang untuk tetap up-to-date dengan Teknologi pendidikan dan memanfaatkan potensinya.Menurut seorang guru sekolah dasar menengah umum dan kejuruan yang diambilkan dari 25 tahun masa kerja dia memimpin dalam teknologi pendidikan, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menemukan menjadi guru kelas yang handal.Mereka sudah lupa kepada apa yang pertama ketika mendapatkan sertifikat pendidik.Kini kekuatan mengajar ketika digodok di LPMP makin lama makin lupa dan pudar seiring perkembangan teknologi aplikasi dan teknologi pendidikan yang dituntut sekarang.Dengan teknologi dan alat-alat yang kita miliki, kita bisa lebih cepat mengelola kelas, kelas mandiri, tugas lain, dan fokus pada interaksi dengan siswa.Bahkan, seluruh alasan kita menjadi guru sebagai pengajar yang disegani peserta didik! dalam menghabiskan waktu di kelas.Dan kamu harus memiliki alat yang dapat membantu kebutuhan peserta didik. 

Diakui bahwa guru sering tidak mendapatkan pelatihan yang mereka butuhkan pada teknologi baru.Banyak yang tersisa untuk menemukan juga dana pengembangan profesional  program studi yang akan menjadikan kita lebih kompetensi di dalam kelas. Waktu dan uang sering terbatas,jadi bagaimana guru tahu bagaimana memilih  program yang tepat dalam mengembangkan keprofesionalannya dalam menjawab kebutuhan dan tantangan murid.Ada delapan tips guru harus dipertimbangkan ketika memilih program Pengembangan Profesional :1.Pastikan Fleksibilitas maksimum sehingga bisa belajar pada waktu sesuai keadaan kamuCarilah pengembangan diri serba ideal, kapan saja, perangkat apapun, menggunakan-itu di mana pun yang kamu inginkan semacam fleksibilitas yang melekat dalam kursus ketrampilan keilmuan  online. Semoga sedikit alasan tersedia untuk tidak menyelesaikan.2.Terjangkau.Sebuah kursus online yang bisa sendiri mondar-mandir dari rumah atau kantor dan lembaga pendidikan kamu mendapatkan akses terjangkau dengan nyaman  mendapatkan tutorial, konferensi, atau seminar kelas di lembaga pendidikan lain atau universitas tanpa mengganggu kenyamanan dalam meninggalkan kelas sehingga merugikan siswa.3.Pilih Kurikulum yang diizikan dinas atau yayasan kamu.Mengambil pelajaran satu hari dan mencobanya di kelas berikutnya. Kursus atau pelatihan harus Inovatif dan cukup menarik bahwa reaksi kamu adalah: "Ya, tentu saja saya sangat cocok ingin menggunakan ini." Sangat otentik sebagai kedudukanmu sebagai guru. Kamu harus menunjukkan bagaimana supaya dapat menggunakan informasi tersebut dengan cepat.4. Mengevaluasi tutorialVideo tutorial adalah cara fleksibel untuk ketika bepergian semisal perjalanan tugas. Anda dapat menonton model - model pembelajaran kelas dari guru ahli apa yang seharusnya kamu  lakukan. Jika kamu memahami platform dan alat-alat, kamu dapat langsung berbalik dan menggunakannya di kelas kamu.5. Mengambil Keuntungan dari Free Trials.

Software Trial adalah sebuah software yang di berikan secara cuma cuma oleh si perusahaan tempat software tersebut di Publikasi kan,kenapa cuma cuma saja di berikan ? Karena software tersebut hanya dapat kamu nikmati sesaat ,maksud nya software yang trial tidak dapat kamu pakai terus menerus,karena mempunyai masa aktif tertentu,dan di tambah lagi tidak semua fitur nya dapat kamu nikmati,biasa nya si jangka waktu nya beragam sesuai dengan ketentuan yang di berikan oleh si perusahaan software tersebut.
Carilah test drive gratis atau percobaan program sehingga Anda dapat melihat apa kurikulum adalah tentang dan bagaimana perangkat lunak terlihat dan terasa.6.Pastikan Kurikulum Apakah Up to Date.Carilah program yang saat ini dicari dan dilaksanakan pada praktik terbaik berbasis penelitian pendidikan.Sebagai dasar setidaknya guru bisa mengoperasikan aplikasi Komputer Word,Exel dan Power Point.7.Jika ikur kursus Seharusnya dilalui dan didikuti dengan seriusPilih saja Pengembangan Profesi keguruan yang akan membantu kamu mengevaluasi efektivitas apa yang baru saja belajar dan sekarang diajarkan. Tanpa fitur ini penilaian penting, Anda mungkin tidak pernah tahu apakah keterampilan baru membantu tujuan kamu.8. Kursus harus sesuai Kekuatan berfikir kamuPengembangan profesional harus dimulai dengan memberdayakan kamu dan bermain dengan kekuatan kamu saat kamu menguasai keterampilan baru. Mencari peluang Pengmbangan profesi yang menciptakan lingkungan kolaboratif yang membuat kamu  merasa seperti kamu berkontribusi serta belajar sesuatu yang baru.

Ini delapan tips akan membantu kamu  menemukan program pengembangan profesi yang dapat menumbuhkan keterampilan kamu dalam  meningkatkan efektivitas bekerja di sekolah di kelas di dunia kamu sebagai guru profesional.


Terinspirasi dari
8 Tips for Selecting K-12 Professional Development Courses                           
Nov 21, 2014 // By Capella University Sophia.org
http://KALIM PENGAJAR.dinamikagurusd.blogspot.com