Tuesday, August 11, 2015

Sebulan Dalam Nafas Kemerdekaan Republik Indonesia

Kalim, l Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati Jawa Tengah l berada di depan rumah di desa Kelet Keling Jepara Jawa Tengah

Kalim,M.Pd.Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati

Ini sebuah eksplor tentang pengertian merdeka menurut caraku sendiri

Sebulan dalam nafas kemerdekaan Republik Indonesia

Setiap aku merdeka semuanya adalah ombak dan olah kerja
Memandang ke depan adalah mendekatkan kepada pesan kebijakan rasa merdeka.Berpegang kuatlah kepada yang maha Dekat meski engkau berperjalanan jauh akan mendekatkan tujuanMu.
Tanganmu bukanlah lemah,senyummu bukanlah resah itu merupakan amanah merdeka.Meski orang lain dibelakangmu tiada mengganggu,di depanmu menunggu kerja yang kau mau
Setiap aku berpegang merdeka selalu ada keteguhan yang mendekatkan berasa aman


Arti Merdeka 1
Suara-suaramu pada negerimu tidak meski dalam wadah politik.
Negerimu adalah negeriku juga untuk saling dijaga.
Suara arti merdeka Indonesia tidak harus terwakili semua pada pemimpinnya jika mereka tidak peduli mendengarnya.
Suara merdeka Indonesia adalah suara musyawarah mufakat merakyat yang berinduk mengIndonesiakan !
Ada banyak arti merdeka dalam ruang dan waktu mempercantik Indonesia
Menjelekkan pemimpin sendiri berarti menampar diri sendiri yang melemahkan kekuatan Indonesia di mata dunia.Masih banyak musuh tidak kelihatan di negeri sendiri dan negeri orang lain yang senang kita jatuh.
Boleh berpendapat mengartikan merdeka sebagai hal mendidik kritik pelecut morivasi agar Indonesia maju bermartabat.
Setiap aku bersuara bangga merdeka ada pencerahan disana di negeri berbatu emas asri hijau bernafaskan Nusantara bergaris indah di pulau-pulau Katulisriwa.


Arti Merdeka 2
Menurutku merdeka dan menjajah lahir bersamaan
Merasa merdeka karena kuat dalam mempertahankan merasa dijajah karena lemah dalam pendirian persatuan
Bangsa merdeka adalah bangsa yang kuat tidak dimakan dikerjain dalam apapun dengan cara apapun oleh siapapun.
Sebaliknya bangsa terjajah adalah bangsa lemah yang mudah dimakan dikerjain dalam apapun cara apapun dan oleh siapapun dikeruk semua identitas ragam penciptaan walaupun sebelumnya engkau merdeka bebas memilikinya.
Setelah merdeka ataupun dijajah adalah kedudukan yang sama- sama berat mempertahankan meningkatkan mengembangkan kehormatannya.

Arti Merdeka 3
Merdeka berarti berubah
Merubah mental kuli menjadi bermoral mandiri
Merubah bangsa pembeli menjadi bangsa pencipta.Sebagai pembeli sering diakali jika rusak tidak mampu mengganti.Sebagai bangsa pencipta kuat dalam mencukupi kebutuhan sendiri.
Merdeka itu meninggikan sekarang dengan belajar merdeka yang telah kita lewati bersama menabung masa depan untuk anak cucu kita.
Kini merdeka tengah pongah diperdaya makhluk investasi dikawal prajurit egois hedois yang melahirkan penjajah baru membungkam merdeka-merdeka baru.
Setiap aku merdeka kukeringatkan dengan kerja !

Arti Merdeka 4
Bercermin kepada merdeka kini adalah tidak perang,mereka bermain perang-perangan mereka menembak musuh bayangan mereka latihan mereka mati bukan pahlawan.perang malainkan pahlawan latihan.
Merdekamu dulu hasil perang sungguhan mengusir laknat penjajah para penjarah kedaulatan
Pahlawanmu dulu benar-benar pelawan berkorban atas negara dan pengabdian.
Merdeka kini tengah diuji dengan merobek arti kerja dan makna pembangunan yang berjanji-janji berakan-akan bersorak -sorak atas nama slogan di meja di kertas di jalan diatas penawaran aku bisa namun orang lain menjalankannya.
Setiap nafas pekik merdeka aku aku mendengar bergegas berangkat kerja.


Arti Merdeka 5
Merdeka berarti belajar,jangan pernah berhenti memerdekakan diri untuk belajar karena merdeka tidak pernah mengajarkan berhenti belajar.Setiap kutelusur makna merdeka aku temukan belajar merdeka selama-lamanya


Arti Merdeka 6
Merdeka berarti belajar mengejar ketertinggalan.
Dengan mengoreksi kondisi sendiri mencari terobosan dan tindakan yang cucok dengan kemampuan sendiri namun tidak meniru semua keberhasilan negeri orang lain.

Arti Merdeka 7
Merdeka berarti bangga
Boleh bangga namun jangan lupa lengah.Negara dan orang lain selalu mengintai mencuri bahkan memiliki apa yang kita dirikan dan kita banggakan.Mereka selalu memberi ikan agar kau tidak bisa memancing.Mereka memberi kesenangan agar kau mudah termabukkan.
Keduanya harus dijaga dengan belajar dari ketertinggalan dan bangga, dengan kepribadian kerja keras yang bermartabat kuat mencintakan
Setiap merdeka adalah bebas bicara berbuat namun sopan memantaskan

Arti Merdeka 8
Merdeka itu bukan hadiah
Merdeka itu diraih dengan darah keringat fikir perjuangan
Segenap pengorbanan yang kamu berikan saling menguatkan tujuan merdekamu

Arti Merdeka 9
Merdeka itu hadiah
Bila pemberi merdeka ikhlas tanpa timbul sakit hati.Jika penerima merdeka siap mengelola syarat dan maksud pemberi.Keduanya saling berbagi adil dan andil dalam berbakti kepada kesepakatan merdeka.Merdeka yang berbau hadiah akan melemahkan arti darah perjuangan.

Arti merdeka 10
Merdeka itu hidayah
Jika merdekamu dapat ridlo Alloh l Tiada kekuatan diluar merdeka tanpa bantuan Dia Yang Maha melihat memutuskanNya l Merdeka bisa diberikan atas peperangan namun alam juga sebagai saksi ketentuan l Merdekamu adalah kesetiaan hidayah Alloh yang memuliakanmu
Setiap langkah merdeka ada derap gagah maju memerdekakan kwalitas cita-citamu !


Arti Merdeka 11
Merdeka itu jujur tanpa basa-basi dan korupsi !
Dinamika Guru SD

Arti Merdeka 12
Di setiap titik artinya menajamkan perubahan menancapkan bendera bendera cita cinta.
Kedatangan merdeka pastilah disambut lalu berebut maski yang memerdekan kadang tertinggal karena puas dengan kebanggaan yang melalaikan
Merdeka-merdeka baru memburu pemburu-pemburu baru muncul meski dia bukan merdeka yang pertama meski dari kekalahan melawan merdeka melihat dengan gesit manisnya merdeka mengisap sepuasnya bukan seperlunya.
Segerombol hakekat merdeka berkumpul sewarna ,beragam dengan kekuatan merdeka lain yang menjurus merdeka kekinian,membentuk lalu memerdekakan pengikut ke bawah bahwa akulah kemerdekaan sesungguhnya.
Merdeka itu bebas namun berbatas dan keterbatasanya memerdekakan martabat seluas-luasnya.
Setiap aku merdeka memerdekakan kehormatan perubahan sepanjang masa !


Arti Merdeka 13
Di padat dahsyat menikmat negeri ini akan ompong jika para pengomong dan pamomong nekat merakyatkan arti merdeka dalam kungkungan anak merdeka yang mengolah modal mental merdeka hanya bisa berpangku tangan membiar harga merdeka tertukar murah dalam kubangan pinjam.
Merdeka yang berlatar punya telah menyempitkan keluasan merdeka dimiliki segelintir penaksir yang mahir melintir menyihir arti merdeka ke pinjam yang mendewakan janji melamakan kencan ancaman.
Hari merdekamu yang dulu lugu terbuka beralih tertutup redup karena merdekamu terisi terali besi tirani pinjam ataupun hutang yang bernafas ke kemerdekaan yang kumau ke jalan instan instan patriotis murah yang melagukan bunga-bunga demokrasi pinjaman
Dan kini dalam sepi merdeka idaman telah sulit dan sempit mengembalikan arti merdekamu yang benar meski aku terlanjur lapar dan terkapar dipinjam merdeka baru yang gebyar ke mulut merdeka pasar.
Setiap aku merdeka setiap itu pula aku menggelorakan arti bangsa cinta kerja !

Arti Merdeka 14
Menurutku merdeka adalah bisa mengangkat derajat hak -hak orang yang terjajah karena mereka tidak punya kesempatan merdeka memperoleh pekerjaan hidup yang layak tetapi tidak menggantungkan atas belas kasihan.Merdeka berarti dapat menjajah kemiskinan ilmu pengetahuan untuk mengangkat dirinya sendiri menjadi karakter mengilmukan diri sendiri agar lebih mulia berdasar ke Tuhanan Yang Maha Esa.Merdeka berarti belajar dari kesalahan yang bisa menolong diri sendiri untuk maju.

Arti Merdeka 15
Seminggu berlalu seorang gadis mengometari webku tentang arti cinta :" tau aja bapak deh.."
lalu kujawab :
'cinta bukan milik anak muda,
cinta milik semua
cintai mudamu selagi kuat melekat dalam mengikat
cintai serumu selagi tegar mengejar
Dan cinta berduamu ikhlas mensetiakan !'
Demikian dalam arti merdeka seharga arti cinta yang setiap langkahnya mencintakan damai mendamaikan cinta dalam kebahagiaan !
Dan baru saja tadi kulihat di timelinenya dia mengaku berkat ruh komentarku cintanya diterima kekasihnya dalam ikatan kebahagiaan setia ! Alkhamdulillah

Arti Merdeka 16
Merdeka itu ketika semua anak negeri mudah mengakses pendidikan, bisa belajar tanpa terbebani dan bebas mengeksplorasi diri.Kita tahu bahwa kemenangan ini masih sekedar simbolisasi.Bukan lagi berperang dengan tombak dan bambu runcing karakter Indonesia yang sangat dibutuhkan saat ini.Namun kreativitas dan integritas lah yang kami cari.Maka dari semua itu, berkarya dan teruslah berkarya untuk negeri
Dirgahayu Indonesia ku.Tunggu prestasi prestasi kami membangun negeri !

Arti Merdeka 17
Merdeka berarti melihat kembali anak-anak kita yang masih kurang beruntung dalam belajar Nasib mereka jangan digantung menunggu para pemimpin yang ketika mereka dipilih berpaling lupa dengan janjinya.
Merdeka berarti mengajar yang lebih indah lebih dipercaya dalam menanamkan visi misi pendidikan untuk semua tanpa tebang pilih menganakemaskan memberi pelayanan terbaik kepada anak didik secara merata adil tanpa ada yang tertinggal
Merdeka mengajar berarti sangat semangat mengejar ketertinggalan meningkatkembangkan apa yang telah diraih dengan gaya mengajar sesuai kepribadian Indonesia di taman-taman pendidikan yang meng Inspirasi Indonesia maju tangguh menempuh perjalanan demi perjalanan pendidikan Indonesia bermartabat Pancasila.
Selamat belajar generasi Emas Indonesia Merdeka belajarmu kini ditinggikan dengan belajar yang menggembirakan ditegakkan dengan perasaan rasa tidak takut untuk berilmu yang berkarakter anak Indonesiia.
Selamat mengajar generasi pengajar bermutu. Indonesia Mengajar menjagamu setiap waktu setiap langkah kebijakan yang mengamanhkan edukasi bermutu mencerdaskan sesuai pembukaan pesan Undang-Undang 1945 dan Panca Sila.

Arti Merdeka 18
Kemerdekan rasa-rasanya Nasionalis kini seperti budaya luar baru yang bagiku asing nyleneh tidak bagian dari kepribadian Inspirasi Indonesia sendiri sebagai keberagaman beragama beretnis berbudaya berPancasila yang sempit jauh dari apa yang diharapkan oleh berdikari pendiri negeri.
Politik globalisasi kini bagiku seperti hidangan aksklusif yang membius dari cita-cita kesadaran mengelaborasikan bersikap berNusantara berSumpah Pemuda berProklamasi.Merdeka berarti merdeka di dalam tuan rumah sendiri tanpa campur tangan asing.
Kebangkitan nasionalis dekade kini sepertinya reda dipadami pesta-pora asesoris hedois yang belum kuat sebagai keIndonesiaan yang luhur.
Kebangkitan berIndonesia yang bersemangat arti kemerdekaan Indonesia kini hanya dimiliki oleh generasi kini putra-putri terbaik yang mampu membaca menangkap krisis arti merdeka yang diiamanahkan semangat empat lima.
Setiap aku bergerak berkata arti merdeka semoga lahir negarawan-negarawan muda baru bersatu merdeka memerdekakan kini dan masa depan Indonesia yang sesuai dengan ruh perjuangan dan arah Pembangunan Indonesia dengan rasa 'Ayo kerja !'

Arti Merdeka 19
Merdeka
kalau dapat bantuan kau katakan merdeka
dapat gajian merdeka
dapat proyek merdeka
ijin sukses merdeka
beli mobil merdeka
punya kedudukan merdeka
merdeka kok enak-enak thok !

sedang nganggur kau katakan belum merdeka
masih miskin belum merdeka
masih goblok belum merdeka
belum merdeka isinya kok sakit thok
sudah merdeka namun belum adil
sudah adil namun belum merata
sudah makan namun belum sejahtera
sedang tidur kau katakan merdeka
sedang gila kau katakan merdeka
sedang bergaya kau katakan merdeka
sedang bebas kau katakan merdeka
kalau merdekamu di satu hari tujuh belas
kalau merdekaku di setiap hari
kalau merdekamu di satu bulan agustus
lha merdekaku di semua bulan
kalau merdekamu di satu tahun empat lima saja
kalau merdekaku sih di semua tahun
lha merdekamu seperti apa ?
ya..seperti upacara !
lha merdekamu dengan siapa ?
ya sama paklawan
lha merdekamu kau isi apa ?
ya pembangunan
lha merdekamu berkat siapa ?
ya kekuasaan Tuhan
lha merdekamu kini milik siapa ?
ya..milik semua !
bukan milik orang kaya ?
by : Kebangkitan Kejayaan Maritim Indonesia

Merdeka 20
nganggo basa jowo ah..
1.merdeko ana sing ngartekno meres diko :
iki mono kahanan sing kanggomu ketoke wes aman lan kepenak nanging musuhmu jan pinter tenan,lungo sawentoro banjur nyusun kekuatan anyar sing ra podho nalikane sampeyan bisa merdeko disik utawa sing sepisanan,awujud barang kesenangan sing nyesatno saenggo sampeyan ra waspodo nanging jan-jane sampeyan dijajah diperes balik meneh amarga musuhmu wes ngerti kunci menangake. dipelajari meneh kelemahane sampeyan nalikane mungsuhmu mulih balik asale,banjur rumangsa kuat meneh ngejur mentale sampeyan supoyo ora iso merdeko

2.merdeka bisa dikatakan MER asa DEkat KenyAtAAn
Kalau dulu sudah jelas bisa merdeka lantaran perang fisik dan senjata.Sekarang berubah kita hanya sekedar latihan.Kini sama -sama sejajar merdeka namun mereka sudah lama dan berpengalaman menjajah.Merdekamu itu baru kemarin sore.Masih butuh penataan lama dalam mewujudkan rumah tangga merdeka sejati.Kalau perlu bisa meningkat sebagai semisal negara juara baru yang kuat buat mereka,level setingkat lebih perkasa.
Kini musuh kita hampir tak berwujud,sulit dicerna walau 'dekat namun pada kenyataannya' urusan SARA di negeri sendiri seolah penjajah gaya baru yang kadang sulit dikendalikan.
Betul dulu berjuang,kita merdeka sebatas kobar dan ikrar belum mengumurkan wibawa.Dalam perjalananya merdeka baru kadang membatu memunculkan makhluk baru yang kadang sulit meratakan pesan pembangunan.

Merdeka 21
merdekapun tetap perang meski tingkat waspada
merdekapun tetap perang meski sebatas latihan
merdekapun harus menjaga setiap perbatasan
merdekapun harus giat menangkap pencuri ikan
merdekapun harus tegas menjaga hutan

merdekapun selalu punya tentara
merdekapun selalu punya senjata
merdekapun masih mengandalkan sistem
merdekapun masih mengkutak atik strategi
merdekapun masih memperdayakan modal
merdekapun masih menanam kepercayaan
merdekapun meski pandai mengolah darat
merdekapun meski pintar mengelola laut
merdekapun meski maju menguasai udara

merdekamu kini melawan bayangan

merdekamu belum seberapa
jika hanya duduk di belakang meja
merdekamu hanya kata-kata
jika hanya melihat slogan
dan merdekamu belum apa-apa
jika kau tak kerja !

Merdeka 22
Merdeka berarti berubah
Merubah mental malas egois menjadi bermoral mandiri

Merubah bangsa pembeli menjadi bangsa pencipta.Sebagai pembeli sering diakali jika rusak tidak mampu mengganti.Sebagai bangsa pencipta akan kuat sesuai dalam mencukupi kebutuhan sendiri.

Merdeka itu meninggikan sekarang dengan cara merdeka yang sedang berjalan itu telah kita kuasai bersama di dalam meneruskan ke masa depan ikatan tanggung jawab ingat sampai yang muda ke anak cucu kita.

Kini merdeka tengah pongah diperdaya makhluk investasi dikawal prajurit hedois yang melahirkan penjajah baru membungkam merdeka-merdeka kelanjutanmu

Dan setiap aku merdeka kukeringatkan dengan kerja !



Merdeka 23

sifat karakter latar dan motif bangsa yang menjajahmu akan selalu berpengaruh,meski engkau sudah merdeka lama dan itu wajar agar senantiasa berbenah mewarnai jati diri.

apalagi engkau sebagai pemula merdeka,banyak pekerjaan yang serius tegas dalam menjalankan pilihan
barangkali kini lawan dan kawan hampir tipis membedakan
dan merdekamu terus mencari kwalitas dalam cara,personal dan nilai-nilai persatuan !

Merdeka 24
menjadi yang terdepan itu sulit
menjadi dirimu sendiri itu unik
menjadi orang lain juga sesuai
dan menjadi diantara itu beda
maka sekecil apapun usaha akan memperbesar kesuksesan
sedikit apapun kemauan akan memperbanyak pendirian
sesempit apapun kerelaan akan meluaskan keikhlasan
sebatas apapun pengorbanan akan melebihkan kepercayaan
serendah apapun pengertian akan meninggikan peradaban
dan dari semua itu menginspirasikan kepada arti merdeka !

Merdeka 25
dibawahpun tiada mudah terjajah
diatas kadang diretas
disampingpun peran penting
ditengah memang mudah
dan kini merdekamu telah melapangkan engkau untuk menggerakkan segala roda dinamika keberagaman pembangunan !
Merdeka 26
merdekamu akan menjadi status jika kau tak terurus
merdekamu menjadi slogan jika bicaramu arogan
merdekamu cuma pengakuan jika tanpa pembangunan
merdekamu hanya citra jika tak disambut penguasa
merdekamu dulu terus berulang jika tidak relevan
merdekamu tak berisi jika tak paham toleransi
merdekamu semu jika tak merasa malu
merdekamu cuma sebentar jika kau gentar
merdekamu ragu jika tanpa ilmu
merdekamu akan hilang jika tak tahu masa mendatang
maka jangan sia-siakan merdekamu di era sekarang !
Merdeka 27
mengejar bukanlah tertinggal
merebut bukan hanya untuk memiliki
menyerah bukanlah kalah
menang hanya membedakan tingkatan
barangkali kuasa bisa mempersempit aturan
merdekamu itu agar semuanya terbuka
dan cinta mencukupkan segalaNya !

Merdeka 28
dulu mengangkat bambu runcing,kini kau angkat bumbu sepiring
dulu kau pakai karung,kini kau pakai dasi kalung
dulu angkat senjata,kini kau angkat atas jasa
dulu berani mati,kini berani banci
dulu rela berjuang,kini rela karena kawan
dulu sumpah pemuda,kini sampah pemula
dulu perang gerilya,kini perang narkoba
dulu revolusi kini asal janji
dulu emang pahlawan,sekarang asal senang
dulu emang berjuang,sekarang karena uang
dulu atas kaum,kini atas hukum
dulu atas negara,kini atas kuasa
dulu pakai pekik,kini pakai akik
dulu musyawarah kini masyaallah
dulu tanpa pamrih,kini tanpa perih
dulu pasar tradisional,kini pasar global
dulu proklamator,kini ada koruptor
bagiku merdeka adalah dimensi perbandingan !

Merdeka 29
kini merdekamu sebagai contoh pelopor belumlah cukup
masih banyak kekuatan merdeka yang harus digali di era sekarang
kekuatan idemu akan tumpul jika nilai ajakanmu tiada tajam mencerahkan
dan merdeka adalah sebuah kegembiraan dalam semua angkatan generasi dan lapisan

Merdeka 30
Bagaimanapun semanissedap pertama kali yang kau kecap dalam pesona lahir negeri adalah menetek susu merdeka
Awal dari keberhasilan bermula dari tanganmu yang menghidangkan makan di atas meja-meja selera yang mengaromakan kehangatan untuk mensukseskan arti keberangkatan merdeka ke depan
Barangkali para pahlawan telah memerdekakan hidayah ke sekolah ke kantor ke ladang berpergi ke hakiki inspirasi kerja ternyamankan isi perut dan batinmu untuk maju
Jemari merdekamulah yang menyantun menuntun arah kakimu berdiri meyakini bahwa kamu sekarang pandai berlari mencari harga diri dimulai dari proklamasi
Kini kau tiada berasa bisa menancapkan bendera-bendera cintamu ke julang langit tanpa merdeka
Kini kakimu kuat sekuat kuda lari menggapai negeri-negeri seni,hutan-hutan motivasi dan menguak bangga meninggalkan tebing-rebing menebang kesulitan terjajah dulu
Maka tiada satupun alasan yang bisa untuk dilupakan dalam merdekamu adalah melekatkan nama bakti di segenap tulus ke sisi-ruang kuat negeri agar ringan jalanmu menuju arah pembangunan
Ketersalingan dari ibu pertiwi ke anak dan dari anak ke ibu pertiwi adalah menghubungkan hormat di tempat dan memartabat dalam energi sinergi arti keorangtuaan negara yang merdeka sebagai bagian anak merdeka di dunia !

Merdeka 31
berada di belakang tidak ditendang
berada di tengah tidak berarti lengah
berada di depan tidak berarti panutan
berada di manapun tidak pikun
berada di sudut tidak takut
berada di umur tak kufur
berada di ujung tak murung

berada di luas nampak jelas
berada di jarak sebagai penegak
berada di waktu selalu mampu
berada di tempat memikat
berada di datang memandang
berada di batas puas

dan kini merdekamu berada di atas sebagai nafas
dalam segala gerak roda kreatifitas !

Merdeka 32
Bekerja dengan hati tiada terbatasi
bekerja dengan keringat biar semangat
bekerja dengan niat insyaAlloh selamat

biar jasmani dan rohanimu merdeka berasa nikmat !

Merdeka 33
merdeka berarti bebas menentukan nasib sendiri
apakah justru bebas kebablasan tanpa arah kendali untuk mengisi kemerdekaan ?
apakah merdekamu sekarang sudah puas dengan bentuk nasibmu sendiri seperti awal merdeka yang kau inginkan ?
apakah merdekamu dapat mengatasi ketergantungan dan kesukaan untuk terus-menerus tergantung bangsa lain ?
barangkali akibat-akibat penjajahan itu tak selalu merupakan peninggalan yang buruk.
ataukah malah memperburuk sendiri setelah merdeka dengan suka ketergantungan,pilihan - pilihan keadaan yang instan,kurang matang demi mengejar percepatan kebutuhan tak mapan ?
bagiku merdeka dan sesudahnya tidak mudah murah apalagi sebagai hibah hadiah.
merdeka hakiki tidak menyimpang gerak semula,keinginan perjalanan dan cita-cita.
merdeka itu musti bermartabat sesuai kepribadian merdeka itu sendiri.

Merdeka 34
merdeka sampai ke warna perjalanannya hendaknya berpihak kuat kepada kawulo cilik sebagai landasan utama menjunjung harkat martabat dari bawah sampai ke atas.
dan merdekamu menyentuh kepada siapapun sebagai keseimbangan hak dan kewajiban dengan pesan merdeka pendahulunya sebagai ikatan emas kesinambungan

Merdeka 35
awal merdeka bukan berarti belum belajar atau kerja sedikitpun, meski kau saat itu tidak pegang senjata,bambu runcing,buku ataupun pena
tempat merdeka itu ada dimana-mana yang meluaskan seseorang dikatakan 'merdeka nyata'jauh dari rasa takut dan kekurangan,meski kau berada di sekolah di rumah di kantor atau di perbatasan sekalipun
merdeka itu pengalaman yang unggul meski posisimu sebagai pendengar dan pendamping sejarah dikala mereka bicara mengisi kemerdekaan dan menjernihkan kelabu warna penjajah
merdeka itu raja penyerap kebijakan,dikala mereka gelar pidato panggung dan sekolah berbobot disaat mereka bicara belajar dan menjalankan tentang tujuan merdeka
merdekamu berasa unik jika di kemudian hari mereka menemukan kamu sukses luar biasa yang melihat pada waktu dulu itu kamu masih malas,bodoh,miskin tidak pernah belajar hanya mendiamkan sejenak merdekamu tidak kentara
dan berkat olah visi merdekamu kini,akan mengalahkan kesuksesan orang lain yang mereka voniskan ke kamu pasti tidak bisa sukses seperti anggapan mereka dulu,karena mereka mengira kau hanya bisa berkata merdeka saja karena keterbatasan persatuan untuk berbuat
dan kini roda merdekamu mulai bergerak maju menuju ruang-ruang damai,lorong-lorong kesejahteraan yang beragam

Merdeka 36
dengan nama wujudkan norma
dengan satu menyempurnakan seribu
dengan pintu membuka buntu
dengan cari menunjukkan strategi
dengan lama menggambarkan pola
dengan tua menanamkan dewasa
dengan jalan melaksanakan kebijakan



dan dengan merdeka melahirkan dunia !

Merdeka 37
dalam lambaian merah putih aku bersih
dalam dekapan prokalamasi aku berjanji
dalam jiwa garuda aku bangga
dalam Pancasila aku menyapa



dalam setiap aku siap

dalam doa tiada lupa
dan merdekakumu kugembirakan dengan kerja !

Merdeka 38
setiap nafas bulan merdeka
kukerahkan segala patriot rasa kita
setiap langkah hari merdeka
kugerakkan semua derap upacara
setiap laju detik -detik merdeka
kusiapkan bela-bela panji-panji bendera
setiap kata tata merdeka
kuteriakan semangat dalam
setiap tangan-tangan merdeka
kukepalkan kuat-kuat tanda bahagia
setiap jalan-jalan pagar merdeka
kuhiaskan warna dalam emas tinta
setiap wajah - wajah merdeka
kusenyumkan damai demi dunia
setiap bola-bola merdeka
kusambutkan mainan-mainan gembira
setiap lorong-lorong merdeka
kuteroboskan lintasan-lintasan dalam cinta
setiap ruang-ruang merdeka
kuisikan waktu-waktu bersama kerja
setiap air-air merdeka
kubasahkan sejuk antara raga sampai jiwa
setiap api-api merdeka
kunyalakan obor-obor pelopor juara
setiap lagu-lagu merdeka
kunyanyikan sejarah indah berwibawa
setiap guru-guru merdeka
kuajarkan laku etika
setiap duta-duta merdeka
kutitipkan cinta tanah air dan bangsa
setiap tanah-tanah merdeka
kutanamkan pondasi-pondasi kekar budaya
setiap gunung - gunung merdeka
kutancapkan pandang dipuncaknya
setiap insan - insan merdeka
kubinakan arti bebas selaras berirama
setiap hujan-hujan merdeka
kubasahkan alam dengan kesegarannya
setiap angin-angin merdeka
kutiupkan dingin di sepanjang gerahnya
setiap buku-buku merdeka
kutuliskan sejuta puisi bersama tafsirnya
setiap cahaya-cahaya merdeka
kuterangkan dengan gebyar-gebyar sang surya
setiap batu-batu merdeka
kukukuhkan museum bersama patungnya
setiap rumah-rumah merdeka
kubahagiakan hak dan wajibnya
setiap pemimpin-pemimpin merdeka
kujunjung bijak langkah ajakannya
setiap doa-doa merdeka
kutengadahkan selamat atas petunjukNya

Merdeka 39
Kepada merdekaku aku merendah meski diatasku memerintah kesegeraan berfikir cepat membijakkan
kepada sadarku aku bangun pengertian meski diatasku menekan catatan putih hitam jejak pekerjaan
kepada hormatku aku menunjuk tunduk untuk selalu patuh aturan meski diatasku pembaruan dan perbedaan selalu bergandengan
kepada kuasaku aku mengamanahkan pemimpin meski aku dibawah mengaku caraku yang mengedepankan anak buah duluan aku belakangan
Selamat bekerja Indonesia,aku berikan merdeka sebentuk mengajar mencerdaskan generasi - generasi Emas bangsa

Merdeka 40
barangkali merdeka itu perih tanpa pamrih
fair tanpa pamer
dimanapun merdeka melahirkan pahlawan
dan kini merdekamu musti tangguh di jalan ketahanan !


Merdeka 41
merdeka itu disiplin tanpa diperintah
patuh tanpa disuruh

dan merdekamu semakin kuasa karena dewasa !

Merdeka 42
pemimpin itu,
walau lapar tetap kekar
tetap berani walau disakiti
tatap tabah jangan gegabah

tak apalah,mimpin kecil tapi adil
dari pada besar namun gusar
dan merdekaku kini tetap sabar karena menjadi pintarpun butuh sukar !

Merdeka 43
merdeka itu menyebut nama-nama yang mengharu mengharumkan
berani tampil dimuka tengah belakang dimanapun kapanpun dengan apa yang kau punya
merasa ikhlas berperan mampu meneruskan ruh perjuangan sejarah dalam bentuk apapun yang kau bisa
merdekaku tidak percuma karena aku engkau ada disana
merdekaku punya arti harga diri tiada bisa dibeli digadai disewa ditukar apapun apalagi sebagai upeti
dan merdekaku berasa gembira karena senyum pahlawan hadir menyaksikan !

Merdeka 44
merdeka itu tiada terlena sebentarpun jika milik kita dicuri orang lain
tiada lengah sedetikpun apalagi punah
tiada hilang sebarangpun apalagi dibuang
tiada yang tidak diurus meski kau mengurus
tiada yang sirna sedikitpun meski kau dihina
tiada yang tinggal meski kau dipenggal
tiada yang tercecer meski kau dicecar
tiada yang habis meski kau mengikis
tiada yang kurang meski kau curang

dan merdekaku selalu ada meski dari tiada !

Merdeka 45
merdekamu itu akan tidak berdaging karena kau cuma berebut nasi sepiring
merdekamu itu akan kurang darah karena kau abaikan perintah
merdekamu itu tinggal tulang karena kau tinggalkan utang
merdekamu itu tak bertelinga karena kau tuli suka menghina
merdekamu itu tak bermata karena kau tiada jumpa
merdekamu itu bisa sakit perut karena kau tak menurut
merdekamu itu akan patah kaki karena kau merasa iri
merdekamu itu akan sesakkan dada karena kau tiada bangga
merdekamu itu buntut karena kau semrawut
merdekamu itu akan berpangku tangan karena kau hanya bisa pencitraan
merdekamu itu akan sakit gigi karena kau hanya bisa janji
merdekamu itu akan kena serangan jantung karena kau suka menggantung
merdekamu itu akan menusuk hati karena kau tidak peduli
merdekamu itu sesakkan paru karena kau meragu
merdekamu itu gagal ginjal karena kau tak bertempat tinggal
merdekamu itu merusak tubuh karena kau lumpuh

dan kini merdekamu tinggal merdeka jika tiada tahu arti merdeka !

Merdeka 46
merdeka boleh istirahat sehat harus tidur teratur,namun tidurmu waspada terjaga jangan sampai ikanmu dicuri,pulaumu diakui orang lain.
merdeka memang kerja musti rapat karena tanah air udaramu luas memikat
merdekamu kini sebagai instropeksi dan evaluasi karena merdeka itu satu kali

Merdeka 47
merdeko iku donga
merdeko iku ndonga kareben biso mandek mari leh neko-neko.mulo nak ndonga iku dikatutno kabeh aja mung wong sing apik-apik tok,amergo panampone wong sing apik-apik iku wes biasa beriman gak kaget gak kepingin ora krasa rumongso wes resik lan dakik.
ancen ngono mbok ngonolah yen durung lumrah entuk palilah sing maha Kuasa ya isih keneng coba lan bencono.amergo Gusti ya maringi sangsaya gedhe ujiane miturut drajat pangkat kelas lan keapikane ukurane menungsa dewe-dewe.mbok menawa ae ndongane isih pamrih durung ridho.
wong sing elek kaya aku jan-jane tambah perlu melok didongakno merdiko kareben slamet eling rak mbeling.
mugo-mugo wong sing musrik burik besisik purik gawane akik mendemlik plilak plilik.mugo-mugo sing muslihat bejijat cekelane jimat gawene minggat telat obat durung tobat katut apik karono carane atine dhewe-dhewe.
mbok ngonolah ndilalah sing elek-elek mono koyo aku iku ya da slamet sehat gedhe rejekine sanadyan tipis dongane .mbok menawa ae dongane wong elek iku nak ditimbang cilik banget,nanging nak gelem obah ngrubah sitik ae krasa marem gede kasiate.Gusti isih paring welas sapa sing gelem ndonga senadyan cwilik dongane diwenehi beban cilik ugo supoyo imbang karo niat drajat kekuatane merdiko manungsane.
ndonga sing mandi cespleng apik elek mono hak prerogratife Gusti.ndonga terus rung mesti lurus amergo nak lurus terus bisa nabrak kekarepane.semono ugo wong elek dikatutno ndonga kancane ja rumangsa seneng amergo nak ora bisa ngrubah ateges ancen asli yen kowe urung merdiko anggone ndonga lali karo Gustine !

Merdeka 48
merdeka pada gilirannya diisi kuat pada suatu angkatan
yang meninggikan persamaan meninggalturunkan perbedaan
yang lemah melihat yang ringan menyeimbangkan yang dibawah membandingkan
dan kini merdekaku bersahabat martabat karena kepantasan selalu ada disetiap lapis disederet baris amanahnya !

Merdeka 49
merdeka pertama itu sebuah pengakuan
merdeka kedua itu peringatan,membangunpun masih ada yang tertinggal meski ada kesejahteraan disana
merdeka ketiga juga bencana jika salah kelola
dan merdekaku dirasa karena tiada sempurna,meski ada sempurna

Merdeka 50

merdeka itu meletakkan cara dan pergaulan

lihatlah begitu mudahnya kita dapatkan kurma disini,barangkali juga betapa nikmatnya makan nasi di padang pasir sana.renungkanlah betapa mudahnya mereka menempa besi sementara disana cuma mengendarai.
sementara mereka bisa cukup makan di laut disana malah tercebur laut.barangkali mereka jaya di udara namun disana jatuh dari dirgantara.barangkali di darat tidak harus mabuk darat karena masih ada ikan.lautmu yang luas bisa kau makan di darat bukan mabuk laut karena kau masih makan padi.
begitulah merdeka harus cerdas mempertemukan asam dan garam agar kolam susu itu tidak kena badai.antara pancing dan ikan saling menopang antara darat dan laut saling salut antara nusa saling bernuansa.
skali lagi merdeka tiada hanya mengandalkan darat laut dan udara saja.meski ada cara dan pergaulan yang dijunjung dan dibangun !

Merdeka 51
merdeka itu bisa menyampaikan ide dan pendapat secara santun mudah dipahami yang mengarah kepada kreatifitas yang membanggakan
membuat kreasi secara tepat untuk bangsa sendiri bisa mengangkat derajat dan martabat tanpa selalu bergantung orang lain