Thursday, September 17, 2015

Penguatan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan Jadi Target dan Program Prioritas Kemendikbud Tahun 2016

kkks di SDn Karang Sari 03 Cluwak 16-9-2015
http://dinamikagurusd.blogspot.co.id
Tue, 09/15/2015 - 14:25
Jakarta, Kemendikbud --- Dalam dunia pendidikan hal yang sering kali menjadi fokus target adalah infrastruktur penopang seperti gedung sekolah, ruang kelas, ruang laboratorium, dan sebagainya. Sedangkan fokus target terhadap pelaku pendidikan yang sebenarnya paling penting sering kali terlupakan. Oleh sebab itu penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan akan menjadi prioritas masuk dalam target dan program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2016.
 
“Infrastruktur penopang yang menjadi wadah untuk berinteraksi, namun yang melakukan interaksinya adalah para pelaku adalah para pelaku pendidikan dan kebudayaan. Para pelaku inilah yang kita ingin kedepankan menjadi salah satu pilar utama arah kebijakan kita untuk memperkuat mereka,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI, di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/09/2015).
 
Mendikbud menyampaikan hal yang akan dilakukan untuk memperkuat pelaku pendidikan adalah dengan memperkuat kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas, menjadikan orang tua sebagai teman kerja yang baik dalam dunia pendidikan dan kebudayaan, mendengarkan aspirasi para peserta didik, dan pelibatan publik dalam pendidikan dan kebudayaan.
 
“Kita perlu perhatikan pentingnya peran kepala sekolah karena dalam organisasi manapun pemimpin yang menentukan kualitas organisasinya. Bila kepala sekolah dipandang sebagai guru dengan tugas tambahan, kemudian kepemimpinan tidak ditumbuhkan maka kemajuan sekolah tidak akan terlihat, namun jika sebaliknya, maka keberhasilan pendidikan akan terlihat nyata,” ujar Mendikbud.
 
Demikian juga dengan bidang kebudayaan. Mendikbud mengatakan, pelaku seni, pelaku pengelola cagar budaya, dan pelaku kebudayaan lainnya akan menjadi perhatian khusus dalam target dan program Kemendikbud. “Dengan begitu para pelaku kebudayaan dapat berkarya dan mereka bisa melanjutkan mengembangkan komponen kebudayaan kita,” ucap Mendikbud.
 
“Kami berharap dengan adanya arah kebijakan memperkuat pelaku pendidikan, In shaa Allah infrastruktur yang menopangnya bisa menghasilkan manfaat yang besar, karena para pelakunya menjadi fokus ikhtiar kebijakan pemerintah,” harap Mendikbud. (Seno Hartono)