Sunday, September 6, 2015

Tantangan Utama Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah

Kalim,M.Pd.Kepala SDN Mojo 03
Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati

Tantangan utama kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah adalah membangun suasana sekolah yang kondusif melalui pengembangan komunikasi dan interaksi yang sehat antara kepala sekolah dengan peserta didik, pendidik, staf, orang tua siswa, masyarakat, dan pemerintah. 

Komunikasi dan interaksi yang sehat memilki dua indikator yaitu intensitas dan kedalaman materi yang dibahas. Di samping itu, kepala sekolah perlu mengembangkan komunikasi multi arah untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya secara optimal. 

Dalam menunjang pengembangan budaya sekolah kepala sekolah hendaknya menegakkan lima prinsip sebagai berikut: 

1.Selalu berorientasi pada pencapain tujuan; mengembangkan visi misi dengan jelas. 

2. Menerapkan kepemimpinan partisipatif dengan memperluas peran pendidik dalam pengambilan keputusan. 

3.Berperan sebagai kepala sekolah yang inovatif dengan meningkatkan keyakinan bahwa pendidik dapat mengembangkan prilaku yang mendukung perubahan. 

4. Memerankan kepemimpinan yang meyakinkan pendidik sehingga mereka berpendapat bahwa kepala sekolahnya “benar” menunjang efektivitas mereka bekerja. 

5. Mengembangkan kerja sama yang baik antar pendidik dalam interaksi formal maupun informal. Keberhasilan pengembangan budaya sekolah ditentukan dengan efektivitas komunikasi dan interaksi kepala sekolah dengan pemangku kepentingan sehingga membangkitkan kepatuhan, disiplin, dan motif berpartisipasi untuk mewujudkan keunggulan.