Thursday, September 17, 2015

WUJUD PERJUANGAN PGRI TERHADAP NASIB GURU

KALIM NO Anggota PGRI 1233001154

http://dinamikagurusd.blogspot.co.id 

PERNYATAAN KONFERENSI KERJA NASIONAL I PGRI
MASA BAKTI XXI TAHUN 2014

Bismillahirrahmanirrahim

Memasuki tahun terakhir Pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu II, kita menyaksikan kehidupan berbangsa dan bernegara belum mencapai apa yang menjadi tujuan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perlindungan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah masih tampak terabaikan, kesejahteraan umum masih memprihatinkan; kecerdasan dan karakter bangsa masih terasa lemah. Demikian pula martabat bangsa, di tengah pergaulan dunia yang semakin kompetitif, dengan perubahan yang sangat cepat, justru menampakkan kewibawaan yang semakin pudar.

PGRI sebagai organisasi profesi guru yang berjuang memajukan pendidikan, meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan guru, berkeyakinan bahwa fenomena bangsa ini hanya dapat di atasi dengan mengutamakan upaya pendidikan. Pendidikan kita membutuhkan sistem baru yang komprehensif yang mampu menjawab kebutuhan dan tantangan sebuah negara yang merdeka, dan sekaligus mengatasi berbagai problem yang terus melilit bangsa ini.

Maka dengan rasa penuh tanggung jawab dan didorong oleh keinginan luhur untuk ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, PGRI setelah mengkaji aspirasi dan inspirasi yang berkembang dalam dinamika Konferensi Kerja Nasional I yang berlangsung tanggal 25 s.d. 28 Januari 2014 di Surabaya, dengan ini menyampaikan pernyataan sebagai berikut :

Politik Nasional:
1. Menyerukan kepada segenap guru, khususnya anggota PGRI seluruh tanah air agar pada pemilu 2014 menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan calon Presiden/Wakil Presiden yang peduli pada pendidikan.
2. Mendesak kepada pemerintah yang baru untuk menjadikan pendidikan sebagai agenda utama dalam pembangunan.
3. Mendesak Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan anggaran pendidikan minimal dan/atau melampaui 20 % dari APBN dan APBD di luar gaji guru, serta menggunakannya secara efisien dan efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
4. Mendesak kepada Pemerintah untuk menarik kembali pendidikan menjadi kewenangan Pemerintah.

Pendidikan Nasional :

1. Mendesak Pemerintah untuk melakukan reformasi LPTK secara fundamental, total, dan gradual sehingga mampu menghasilkan calon pendidik yang profesional.
2. Mendesak kepada Pemerintah untuk memperbarui metodologi pembelajaran yang mampu mengembangkan penalaran dan kreativitas peserta didik dengan melakukan pelatihan guru secara terencana dan berkelanjutan.
3. Mendesak kepada Kemdikbud dan Kemenag untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan sungguh-sungguh melalui perencanaan yang matang dengan menyiapkan dokumen kurikulum, buku siswa, buku guru, buku pedoman pelatihan guru, anggaran yang memadai, dan melaksanakan pelatihan guru, pendampingan guru, serta melakukan monitoring terhadap efektivitas hasil pelatihan guru dalam proses pembelajaran.
4. Mendesak Pemerintah mengimplementasikan UUGD Pasal 41 ayat (3) tentang kewajiban setiap guru menjadi anggota organisasi profesi guru yang memiliki legalitas, keanggotaan, kode etik, dan pengurus serta fasilitas yang jelas dan nyata perjuangannya.
5. Mendesak Pemerintah untuk segera menetapkan bahwa PGRI sebagai organisasi profesi guru.
6. Mendesak Pemerintah untuk mempercepat proses sertifikasi dan kualifikasi guru sehingga tuntas tahun 2015, sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
7. Mendesak Pemerintah untuk memenuhi kekurangan jumlah guru dan segera mengesahkan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru sebelum memasuki tahun ajaran baru 2014/2015.
8. Menghimbau kepada seluruh guru di Indonesia untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.


Demikianlah pernyataan ini disampaikan agar menjadi perhatian serta dapat diwujudkan oleh pihak-pihak terkait. Semoga Allah swt, memberikan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua. Aamiin.



Ditetapkan di: Surabaya

Pada tanggal: 27 Januari 2014


PENGURUS BESAR

PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA


SELAKU PIMPINAN KONKERNAS I

Ketua Umum,
Sekretaris Jenderal,
Dr. H. Sulistiyo, M.Pd
M. Qudrat Nugraha, Ph. D.
NPA 1201008541
NPA 2708060024
http://dinamikagurusd.blogspot.co.id