Saturday, November 21, 2015

Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi yang Profesional dan Bermartabat Siap Membumilandaskan Revolusi Mental bagi Peserta Didik dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045

Kepala SD Negeri Mojo 03 Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah mengcapkan selamat berprestasi kepada teman-teman guru dan PTK se Indonesia.Karena kamu sekalian punya prestasi beda yang orang lain mencatat dan mengakuinya sedang kamu sendiri tidak merasakan sebab prestasi hanya beda di panggung bukan di keseharian
Jakarta, Kemendikbud --- Kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2015 telah mencapai puncak penyelenggaraan. Sebanyak 99 orang ditetapkan sebagai pemenang dari berbagai kategori dan jenjang pendidikan. Provinsi Jawa Tengah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 20 medali.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, setelah Jawa Tengah, raihan medali terbanyak berturut-turut diperoleh Jawa Timur, Jawa Barat dan DI Yogyakarta. "Jawa Timur mendapatkan 18 medali, sedangkan Jawa Barat dan DI Yogyakarta masing-masing mendapatkan 13 medali," ujar Pranata saat memberikan laporan di acara Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2015 di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, (21/11/2015).
Ia menuturkan, semua finalis untuk kategori guru akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta, sedangkan hadiah berupa laptop diberikan untuk pemenang kategori tutor. Para guru yang berhasil menjadi juara 1 berhak atas uang tunai sebesar Rp30 juta, juara 2 mendapat Rp25 juta dan juara 3 sebesar Rp20 juta. Sedangkan khusus untuk pemenang Lomba Karya Inovasi Pembelajaran, juara 1 mendapatkan Rp25 juta, juara 2 sebesar Rp20 juta, dan juara 3 sebesar Rp15 juta.
Pranata juga menjelaskan,900 guru yang menjadi finalis Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi tahun 2015 mengikuti beberapa rangkaian kegiatan selama berada di Jakarta. Selain mengikuti acara final atau penilaian lomba pada 18-21 November, sebagian dari mereka juga mengikuti rekaman program Mata Najwa di Studio MetroTv dengan tema Hari Guru Nasional pada Jumat, (20/11/2015). Rekaman tersebut akan ditayangkan pada Kamis, (26/11/2015). Kemudian esok hari, Minggu, (22/11/2015), para guru akan diajak berwisata di ibukota.
"Besok hari Minggu adalah hari rekreasi.
Lalu Senin ada Simposium, dan Selasa para guru akan dipertemukan dengan Bapak Presiden dalam acara Hari Guru Nasional," kata Pranata.
Acara Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi tahun 2015 mengambil tema "Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi yang Profesional dan Bermartabat Siap Membumilandaskan Revolusi Mental bagi Peserta Didik dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045". Tema tersebut relevan dengan semangat pendidik dewasa ini dalam konteks peningkatan mutu pendidikan nasional untuk menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan berdaya saing.  
(Desliana Maulipaksi)
Sumber: http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/4856#