Friday, November 6, 2015

MENENGOK KISI-KISI UKG ON LINE NO 20 SEBAGAI RAMBU - RAMBU PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GURU LEWAT INTERNET

MEnikmati aura malam yogja

Oleh @kalim nuryati owner http://dinamikagurusd.co.id

Sejalan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan pembelajaranpun tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan pembelajar untuk menggali materi dari berbagai sumber belajar.

KTSP tahun 2006 maupun Kurikulum 2013 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada pembelajar. Pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di sekolah, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet siswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat mempermudah proses studinya.
Atas dasar perkembangan teknologi TI inilah dalam hal ini perkembangan internet, Saya mencoba mengutip sedikit di Kisi-Kisi UKG betapa manfaat internet sebagai sumber belajar ditegaskan di Indikator dan kompetensinya.. Tulisan sederhana ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para pembaca ( pembelajar- dan guru) untuk dapat memanfaatkan internet sebagai bagian dari kemajuan TI sebagai wahana untuk dijadikan sumber belajar di samping sumber belajar konvensional yang sudah ada.

Di kisi-kisi UKG Online resmi dari Kemdikbud secara tegas mencantumkan kompetensi dan indikatornya sebagai berikut :
http://dinamikagurusd.co.id

KISI-KISI SOAL UKG PROFESIONAL UMUM GURU SD KELAS TINGGI
NO : 20
2.Kompetensi Utama :
2.1 Pedagogik
2.2.Profesional
3.Kompetensi Inti guru SD (KI)
Memanfaatkan teknologi dan informasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
4.Kompetensi Guru (KG)
23.4 Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber
24.1 Memanfaatkan teknologi dan komunikasi dalam berkomunikasi
24.2 Memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk pengembangan diri
5.Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Kelas Tinggi SD
23.4.1 Mengikuti situs penyedia sumber belajar di internet
23.4.2 Mengikuti internet sebagai penyedia pembelajaran
23.4.3 Mengetahui macam dan karakteristik forum ilmiah yang sesuai bagi keprofesionalan guru
24.1.1 Menggunakan Email dalam mengirim dokumen literatur pembelajaran matematika SD
24.1.2 Menggunakan Web Blog sebagai sarana komunikasi antar peserta KKG
24.1.3 Menggunakan mesin pencari untuk mencari referensi penelitian tindakan kelas
24.1.4 Menggunakan situs Learning Management System (LMS) untuk mengikuti pelatihan online bagi guru kelas IV sampai VI
Demikianlah betapa luas diri guru dan siswa untuk mengembangkan tanpa batas yang seolah sesuai dengan prinsip bahwa pendidikan diakses seumur hidup kapanpun oleh siapapun sebagai bangsa pembelajar.