Tuesday, December 15, 2015

Bahan ajar dan buku tentang laut dan maritim Indonesia masih dirasa kurang



Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati

http://dinamikagurusd.co.id
Nenek moyang kita seorang pelaut tidak hanya dinyanyikan saja kepada semua siswa di Indonesia.Pengajaran yang berbasis kelautan dan maritim hendaklah ditanamkan semua pelajar kita sejak dini.Kurikulum harusnya secara luas diorientasikan kontennya untuk diajarkan kepada semua siswa sejak Tk sampai peguruan tinggi.Kepada guru- pengajar- pembuat buku masih kurang dalam memperkenalkan budaya laut di dalam buku ajar dan bacaan pelajaran.Secara skala besar penduduk Indonesia harus berorientasi ke laut sebagai sumber pangan dan peradaban tentang manajemen air Indonesia.Menggantungkan sumber daya darat sangatlah berlebihan jika kita mau menengok luas air dan laut Indonesia.Ini selaras dengan program Tol laut yang sedang digalakkan oleh presiden Jokowi sebagai leader mengolah laut perairan Indonesia untuk kesejahteraan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan Deklarasi Juanda harus diperkuat dalam sistem pendidikan Indonesia.
"Deklarasi Juanda menyatukan kita secara geografis karenanya kita menjadi satu kesatuan. Kita bisa menjadikan ini bagian pendidikan anak-anak kita tentang pentingnya sejarah," ujar Anies kepada Tribunnews.com setelah acara diskusi di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Sabtu (13/12/2014).
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan kedaulatan maritim sangat penting. Penguatan tersebut bisa dilakukan dengan adanya mata pelajaran kemaritiman bagi Sekolah Menengah Kejuruan.
"Kemaritiman itu akan menjadi bagian pendidikan kita. Ada kurikulumnya sendiri tapi nanti kita dorong sekolah baik SMK dan transportasi. Akan tetapi kesadaran kita akan maritim itu pasti akan dimasukkan," kata penggagas program Indonesia Mengajar itu.
Anies menambahkan, kedaulatan maritim merupakan suatu upaya yang telah berlangsung sejak Deklarasi Juanda. Menurutnya, visi tersebut tidak bisa berjalan secara cepat tanpa adanya ketekunan, ketangguhan dan kesabaran untuk mewujudkan kedaulatan maritim.
"Kita harus dorong agar ke depan lebih baik, misalnya inftrastruktur. Kita harus bentuk itu sebagai kesatuan ekonomi," jelas Anies.

Sumber :  http://www.tribunnews.com/nasional/2014/12/13/anies-baswedan-kemaritiman-akan-masuk-kurikulum-pendidikan?