Saturday, December 5, 2015

BERI PENGHARGAAN ISTIMEWA LANGSUNG DIANGKAT PNS KEPADA GURU HONORER PERAIH NILAI TERTINGGI UJI KOMPETENSI GURU (UKG) 2015

Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati Jawa Tengah

http://dinamikagurusd.co.id

Mendengar guru honorer peraih nilai tertinggi dalam Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 di Maluku membuatku berfikir ulang,ada apa gerangan negeri ini ? Butir emas mutiara ini sampai tidak terjaring menjadi PNS.Ini menurutku bukan hanya sebuah kompetensi kemauan minat saja yang diabdikan oleh seorang honorer.Setia kepada tugas dan pengabdian adalah tidak hanya sekedar no want to tidak sekedar sebuah keinginan namun tanggung jawab ruau biasa tanggung jawab seorang honorer sebagai guru yang profesional.Dalam statusnya yang kurang berpihak kepada dirinya telah menjawab bahwa seorang guru honorer telah mengalahkan status guru PNS ataupun guru tetap lainnya yang bernasib baik.Tinggal menunggu apalagi,hendaknya Pemerintah tanpa pertimbangan apapun ini harus diangkat Pegawai Negeri secara langsung.Perlakuan istimewa ini harus dimiliki oleh pemerintah agar mulai input perekrutan pegawai negeri ini benar-benar berkwalitas.Saya yakin soal yang dibuat Tim Asesor/Penilai Nasional adalah kalangan Profesor,ahli dalam skala yang canggih dan teruji.

Ini adalah bentuk kekuatan setia yang no want to (tidak diingnkan) oleh honorer lain yang telah tidak setia terjungkal pindah ke profesi lainsebelumnya tidak betah dalam keseimbangan mengajar dengan nilai perut yang kurang dan lapar.Ini bukti kesetiaan mengajar yang menjiwai amanah kaidah seorang guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Tidak hanya motivasi namun rasa-rasanya bagi guru PNS lain termasuk saya merasa malu ! harus banyak instrospeksi diri dalam kekurangan mengajarnya.Memang dalam mengajar tidak hanya dilihat dari nila UKG saja namun ini merupakan refleksi penyaring posisi kompetensi kita tolok ukur dalam mengajar.Penghargaan setinggi-tingginya saudaraku ini yang memotivasi saya dalam tidak sebelah mata melihat seseorang guru honore ! yang notabene dulu hanya sebatas tidak nganggur saja dan seterusnya yang saya terima pengakuan sampai hari ini ketika melamar pekerjaan di sekolah.

Sebagai potret seorang guru honorer setia yang menjadi guru sejati saya cantumkan berita dan sekelumit biodatanya berikut ini :

Meiti Gitanisari, salah seorang guru berstatus honorer di SMA Negeri 8 Kota Ternate, Maluku Utara berhasil mengantongi nilai tertinggi dalam Ujian Kompetensi Guru (UKG) dari 2.521 peserta yang mengikuti UKG.

"Satu-satunya peraih nilai tertinggi yakni mencapai 8,76 pada saat UKG merupakan guru berstatus honoerer," kata Penanggung Jawab UKG Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate, Sriyono di Ternate, Rabu (18/11).

Sebagai guru honorer yang sudah mengabdi selama enam tahun sejak tahun 2009 sampai saat ini, sehingga sangat berharap adanya perhatian pemerintah untuk mengangkatnya menjadi PNS.

Wanita kelahiran Bandung ini sebagai guru honorer mata pelajaran matematika di SMA Negeri 8 Kota Ternate sejak tahun 2009, sampai saat ini terus mengabdi sebagai guru honor di Kota Ternate. Dalam UKG mata pelajaran matematika, Meiti mendapat soal berjumlah 60 butir soal sehingga semuanya dijawab dan soal yang benar dijawab sebanyak 49 nomor dan yang salah hanya 11 nomor maka dengan jawaban benar yang ada guru Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tersebut mencapai nilai 8,76 nilai tertinggi untuk UKG di Kota Ternate.

Sebelumnya, sebanyak 136 orang guru di Kota Ternate yang tidak mengikuti UKG yang telah dilaksanakan serentak seluruh Indonesia Senin akhir pekan lalu sampai berakhir Sabtu akhir pekan lalu.

Sementara itu, Meiti Ginasari ketika dihubungi mengaku, meskipun sesuai dengan janji Kadiknas Kota Ternate untuk memberikan penghargaan berupa santunan sebagai bentuk motivasi.

Akan tetapi, dirinya sangat berharap agar pemerintah lebih memperhatikan guru honorer, agar dibuka lagi pendaftaran untuk pendaftaran PNS. Dia juga mengakui, saat ini tidak termasuk dalam honorer K2, namun sebagai honor biasa sehingga sangat berharap untuk diangkat PNS.

Sumber :
- http://sp.beritasatu.com