Wednesday, December 16, 2015

MOTIVASI CINTA

Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati Jawa Tengah

http://dinamikagurusd.co.id

Tak apa diriku basi kurang keliru sedikit peningkatannya dalam anggapan orang tentang cinta.Bukankah sebelum basi dan keliru ada kebaikan disana ? Tuhan bukakanlah RahmatMu bahwa sampai hari ini aku bersyukur, masih bisa bekerja memoles kebasian ,meluruskan keliru-keliru dalam batinku.Semoga peningkatan kecil-kecil dalam hidupku masih berlanjut dalam mencukupi rasa syukurku di hadapan Mu !Cinta itu ternikmati dalam hubungan kedekatan yang lama.Saling menguji satu sama lain seterus-terusnya, saling mengoreksi perbaikan hasil yang berkelanjutan.Maka janganlah berputus asa dalam meningkatkembangkan rasa cinta agar cinta selalu hadir setiap saat di relung hati anda.Dengan tulus ikhlas serta rendah hati seorang mengakui kekurangn dalam drinya, tetapi mengharap rahmat Tuhannnya supaya terbimbing hati ini selama menjalani kehidupan dalam menggapai ridoNya, serta selalu tetap bersyukur atas segala pemberianNya, MasyaAlloh ini bukti seseorng dengan tidak sadar telah bertambah nilai/kwalits pribadi & imannya.

Cinta adalah bahasa,bahasa yang santun mudah dimengerti menunjukkan cinta.

Sekali cinta ditanamkan seterusnya pasti ada kegembiraan dan sesekali ada godaan.Namun semua itu bisa disikapi dengan biaya murah dengan berkomunikasi,berbicara yang sopan dalam keberlangsungannya.Romantisme akan berjalan segar menceriakan apabiala kita selalu membiasakan berkata-kata halus berintonasi sesuai dengan kondisi peruntukannya.Rayuan sesekali boleh digunakan untuk membangun 'motivasi cinta'sebagai kedekatan namun sesuai porsinya, jangan berlebihan nanti kita akan terjebak dengan kemalasan mengurangi gairah kerja.Cinta akan berjalan sukses bila bahasa tubuh keduanya dibangun seimbang bisa membaca kepribadian sesuai selera dan tingkat pemahaman masing-masing.Barangkali di dunia ini lahir produk-produk bahasa seperti karya sastra roman,prosa ,puisi yang tujuannya melanggengkan cinta sesuai seni agar cinta selalu segar dan hidup.Mengabadikan cinta yang sudah dilakoninya yang barangkali sebagai kisah cinta.

Ketika cinta tumbuh dimulai dengan pandangan,kata-kata dan segala keindahan ketika itu pula cinta mulai mendekat melekat ! by Kalim Nuryati

Cinta adalah terasa manis apabila ada gairah sebagai bagian motivasi cinta.

Gairah adalah komponen emosional jiwa berupa dorongan diri manusia bersifat seksual.Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup tidak hanya sekedar makan saja.Proporsi kebutuhan biologis ini hendaknya sesuai derajat yang sehat untuk menyalurkannya.Keintiman yang pernah dibangun menjadi penerus gairah dalam membangun keseriusan cinta.Jika berlanjut terus dengan baik menghasilkan komitmen yang kuat menuju jenjang tunangan bahkan pernikahan.Tuhan memberikan derajat gairah sesuai harkat martabat manusia dengan segala keterbatasannya dan kelebihannya untuk ibadah yang mulia.
Bahwa cinta yang haqiqi hanya kepada Allah yang kita rindukan siang dan malam sampai berbatas waktu nafas berhenti.Lewat bidadari hujan kutitipkan rindu untuk mengelabuhi dingin,agar kehangatan ini mengalir disetiap ion-ion cinta ! Butir-butir keindahan tersiram bangkit seirama guyuran air hujan.Mengusir kepenatan malam yang kadang diinjak oleh kaki-kaki sepi.Di relung hatiku yang paling dalam bergumam : 'Cinta memang tak sekedar dimiliki kadang harus dimaki agar cinta itu sendiri tidak manja dan suka menuntut !'

Gaya cintamu merefleksikan kepribadian.
Karakter yang kuat selalu konsekuen dalam mematuhi etika dan perilaku cinta membawa gaya terendiri dalam bercinta.Selalu konsiten dalam memegang pendirian atau pendapat bukan mencla mencle dalam bicara cinta membawa anda disegani dalam pergaulan cinta.Sebaliknya hindari sikap temperamental yang membikin anda dijauhi. Citra yang buruk anda akan dikenal keras dalam menghargai nilai cinta.Kepribadian itu induknya cinta yang bisa menebar nilai cinta anda disambut hangat oleh kalayak cinta.


 
Keintiman dalam bercinta.
Keintiman adalah elemen emosi yang di dalamnya terdapat kehangatan,kepercayaan untuk membina hubungan cinta.Merasa dekat,sering bercakap-cakap lama,bergandengan tangan,merangkul bahu adalah contoh ciri -ciri keintiman.Semua itu hendaknya disikapi rasa sadar bisa mengontrol emosi menjaga norma-norma cinta yang sehat.Jika hubungan ini bisa dilakukan dengan sopan tidak terjadi gesekan keintiman kebablasan yang merusak,menjadi modal langkah selanjutnya membina hubungan cinta.

Pacaran adalah pendekatan pemanasan mengenal pasangan cinta.
Tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan.Menurut persepsi yang salah, sebuah hubungan dikatakan pacaran jika telah menjalin hubungan cinta-kasih yang ditandai dengan adanya aktivitas-aktivitas seksual atau percumbuan. Tradisi seperti ini dipraktikkan oleh orang-orang yang tidak memahami makna kehormatan diri perempuan, tradisi seperti ini dipengaruhi kebiasaan yang tidak memuliakan kaum perempuan. Sampai sekarang, tradisi berpacaran yang telah nyata melanggar norma hukum, norma agama, maupun norma sosial masih terjadi dan dilakukan secara turun-temurun dari generasi ke generasi yang tidak mememiliki pengetahuan menjaga kehormatan dan harga diri yang semestinya mereka jaga dan pelihara.

Jangan terjebak oleh Obsesi cinta.
Pikiran, bayangan, atau emosi yang tidak terkendali,sering datang tanpa dikehendaki atau mendesak masuk dalam pikiran seseorang yang mengakibatkan rasa tertekan dan cemas. Jika kita punya rencana mencintai, lalu memfokuskan energi dan pikiran untuk merealisasikannya, berarti kita memiliki ambisi cinta.Jika keinginan itu sudah mendominasi pikiran tanpa terkendali sampai membuat emosi meluap, bahkan kadang dengan pengejaran membabi buta tentang cinta berarti sudah 'Terobsesi Cinta'.Jika kamu merasa tidak dapat mencegah diri untuk mengejar-ngejarnya, carilah bantuan secara kekeluargaan atau teman baik. Masa depan kamu terbentang luas. Bangkitlah dari kesedihan supaya cepat berlalu. Dan cita-cita kamu akan mudah dicapai dengan pikiran dan hati yang jernih. Bila belum bisa bangkit dari rasa tersebut, kamu akan ketinggalan satu langkah di belakang dari orang lain karena seseorang punya keterbatasan.

Cinta yang tidak punya komitmen sangatlah berbahaya.
Apa yang dijalani kedua pasangan hanya bersifat rasa suka akan menjurus sekedar main-main saja.Tidak punya masa depan yang jelas.Hal seperti ini biasanya berjalan sebentar saja tidak bisa bertahan lama.Salah dalam membangunya bisa memicu hubungan terlarang yang tidak didasari rasa cinta tetapi atas rasa suka.Bahaya terbesar adalah terjadi hubungan bebas bergonta-ganti pasangan yang merusak sendi-sendi cinta yang mulia,maka hindarilah !

Cinta itu tidak buta,yang buta itu pemilik cinta itu sendiri yang tidak mampu melihat kebenaran isi cinta yang di kandung dalamnya.
Kejujuran cinta mampu menerangkan jiwa cinta yang kadang kejujuran itu sendiri mengungkapakan kepahitan cinta.Inilah yang sering ditutupi yang menbutakan mata hati kita menilai kejujuran cinta.Cinta kelamkelabu anda jangan sampai membohongi hati nurani anda dalam meraih kebahagiaan.Kadang jalan terjal yang kau tempuh dalam menjani penuh cadas hambatan akan memperindah warna cinta lebih melek terang tidak identik dengan kekerasan dalam memuliakan arti cinta.

Kenapa seseorang nekat merebut pasangan orang lain ?
Keadaan ini karena ada kekosongan ruang cinta yang terlambat diisinya.Baru ketemu bahwa pasangan orang lain ketemu kecocokan dalam cinta di tengah jalan.Banyak sekali hal-hal robeknya cinta terlepas manakala ada pelemahan dalam merawat cinta.Kesempatan ini digunakan seseorang untuk beradu memburu kecocokan cinta walau sudah bekas dan segala resikonya.Mungkin sisa-sisa pertemuan kecocokan bisa membarukan cinta kelam yang sudah dijalaninya sebelumnya.

Ciri jelas cemburu itu menutup diri,
Cemburu itu justru diformat untuk menyembuhkan cinta bukan untuk memusuhinya.Manakala saya dalam melakoni cinta kurang berpengaruh dalam mengajak membangun indahnya cinta disitu ada godaan lain yang lebih bisa diterima menurut pemahaman orang lain.Disinilah pengelolaan cintamu harus disusun menarik agar rasa cinta yang kau bangun tidak basi dan statis.Disinilah bunga-bunga cinta selalu update disegarkan sebagai tandingan bahwa cinta yang anda bangun berkelas kwalitas.Rasa cemburu timbul karena sikap meninggalkan cara cintamu sudah kuno kurang berkwalitas.Menuduh tanpa bukti dengan alasan yang dibuat buat.Seluruh energi tubuh difokuskan untuk membaca situasi dan menutup diri. Inilah fase pertama cemburu, yaitu menutup diri.Kebanyakan orang saat cemburu jadinya diam memendam saja. Kamu bisa tahu pasangan kamu lagi cemburu ketika dia berubah jadi kaku atau dingin dan bilang enggak masalah ketika ditanyai tentang hubungan pasangannya.Tidak ada satupun ruang cemburu berkembang, itu artinya tidak ada cemburu yang sehat. Cemburu pasti dan selalu merusak. Cemburu tidak membikin kamu lebih sayang , justru menyabotase, melemahkan, mengkerdilkan kemampuanmu mencintai. Cemburu bersumber dari rasa takut, dan sesungguhnya rasa takut adalah pembunuh ulung dalam hubungan cinta.

Dalam cinta tidak mengenal kasta dan tingkatan.
Pengakuan yang terlontar bahwa seseorang dinobatkan sebagai pelaku posisi cinta yang baik akan membawa dampak seolah cinta terbagi dan bertingkat.Cinta adalah cinta yang memuliakan harkat martabat manusia.Diainilah kearifan cinta bekerja tanpa mengenal kedudukan seseorang berlaku netral ke semua umat.Bagi banyak orang, cinta adalah ibarat koin dua sisi mata uang yang berlaku ke semua umat. Hal ini dapat memperkuat atau menahan, memperluas atau memperlemah, sempurna atau memiskinkan. Ketika sisi cinta kesatu dikembalikan, kita melambung. Kami dibawa ke ketinggian yang tak terlihat, di mana ia nikmat, dan memperindah. Ketika cinta ditolak, kita merasa lumpuh, sedih, dan berduka. Memoles koin sisi kedua untuk ke yang lebih baik dan cerah. Anda hanya akan melihat balasan cinta di kedua sisi cinta yang ada. Jika saya ditakdirkan untuk mencintaimu dan saya akan menjadi milik Tuhan selamanya.

Wanita memang dianugerahi Tuhan peka dengan perasaan cinta.
Tapi sisi kelembutannya sering dimanfaatkan lelaki menciderainya dengan cinta tanpa logika.Sebenarnya roh cinta wanita lebih kuat menasehatinya namun lelaki menerima dari sisi kelemahannya.Padahal titik kelembutan cinta wanita kuat sekali dalam menyelesaikan cinta dengan sopan tatakrama yang logika dalam menyelesaikan persoalan cinta.Inilah lelaki dengan segala kekuatan fisiknya sebenarnya lemah dimata cinta wanita.

Memang kadang Tuhan sesekali memberi cinta dalam bentuk bencana.
Apapun Tuhan akan selalu mengingatkan agar semua umat tidak hanya menerima nikmatnya cinta saja. Ummat manusia memang selalu lupa semua memang maunya enaknya cinta.Hukum alam keseimbangan cinta selalu mengaturnya agar setiap manusia selalu ingat ibadah kepadaNya sebagai pemimpin inta tertinggi di dunia.

Cinta selalu berkolabarasi sesuai dengan zamannya.
Gaya dan cara masing-masing bertingkah dalam memaknai cinta.Namun jangan dilihat perkembangannya dalam lihat sisi kulitnya.Kwalitas cinta terbangun dari cara memperlakukannya dengan baik tanpa merusak kodrat cinta.Kemunduran hakekat cinta bila cinta lumpuh tiada bisa mengatasi tantangan cinta sesuai perkembangan zamannya.

Cinta seorang lelaki kepada wanita begitu sebaliknya biasanya ketika penasaran dengan ide inspirasinya yang diperkuat dengan kelembutan aura lembut roh kasih di wajahnya yang disembunyikannya dalam membaca kepenasarannya.Menelantarsempitkan makna cinta akan berbuah perceraian.Namun demi keutuhan cinta yang lebih seimbang keduanya menghargainya, perceraian bahkan menjadi dewa penyelamat terbaik terakhir dan satu-satunya.Untuk keluar dari ranah cinta yang menyakitkan dan tambah memperparahkan bila dilanjutkan.Untuk itu pengalaman mengelola cinta adalah sangat berharga demi memperbaiki nilai cinta supaya tidak jatuh kedua kali seterusnya.

Cinta akan melahirkan produk ketetapan Rumah Tangga.
Apa arti dari ini ? Menurut pendapat saya adalah bagaimana si pelaku cinta ini mengaktualisasikan tangga-tangga kasih sayang keduanya untuk meraih Rumah cinta yang sempurna.Dengan demikian seluruh pelaku cinta serumah bisa mengelola keharmonisan bagaimana tangga-tangga cinta itu tetap bisa berdiri kokoh walaupun sampai tua tidak patah bahkan menjadi kuat dengan pijakan keyakinan agama masing-masing. Cinta akan melahirkan produk ketetapan sebagai perkawinan.
Dalam istilah bahasa Indonesia, perkawinan berasal dari kata "kawin" yang menurut bahasa artinya membentuk keluarga dengan lawan jenis; melakukan hubungan kelamin atau bersetubuh.
Perkawinan disebut juga "pernikahan", yang berasal dari kata "nikah" yang menurut bahasa artinya mengumpulkan, saling memasukkan, dan digunakan untuk arti bersetubuh.

Bahwasanya cinta adalah sebuah pilihan dan jodoh itu adalah takdir.
Kita harus yakin bahwa ALLAH SWT telah menciptakan manusia dengan takdirnya. Dan kita juga harus meyakini bahwa manusia itu diberi pilihan untuk memilih takdir yang paling baik untuk dirinya di dalam kehidupannya sekarang dan juga kelak nantinya. Maka, keimanan pada sebuah takdir harus mendorong untuk selalu berdoa dan berikhtiar/berusaha keras dan sebaik mungki Sementara hasilnya diyakini merupakan rangkaian ihthiar kita dengan takdir Allah sebagai ketetapan. Dan yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan mendzalimi hamba-hambaNya untuk memilih menakdirkan jodohnya masing-masing.
Arti kehilangan cinta di dunia ini sebenarnya tidak ada.
Yang ada adalah bagaimana kita memperlakukan cinta dengan segala potensi yang kita miliki. Maka jika kita tidak pintar mengelusrawatnya seakan kita kehilangan cinta .itu artinya menyiasiakan materi cinta tertidur lelap dan bersegeralah bangun untuk belajar membangun cinta sekecil apapun dan sesederhana wujudnya.Rupanya agar kita segar memiliki cinta lagi untuk mengisi kehidupan ini agar kita tidak jauh dari cinta yang artinya selalu dekat dengan Alloh.
Cinta adalah cinta,satu yang berdiri sendiri berkekuatan naluri batiniah yang tidak bisa diintervensi siapapun.Cinta abadi adalah satu-satunya contoh keteguhan cinta yang harus kita anut.Barangkali kita bisa mengobral cinta namun etika yang terkandung didalamnya menghapuskan nilai makna cinta yang kita bagikan dengan perasaan murah dan rendah. Maka jadilah pesona cinta yang bermartabat.

Cinta itu membersihkan bathin.
Menurutku cinta yang suci mampu melaparkan nafsu-nafsu kotor dalam batin kita agar selalu bersih segar dalam setiap hal sebelum kita bertindak.Mengosongkan hati dari sifat-sifat buruk seperti iri, dengki, benci, dan dari sifat keduniawian.Cinta membisikkan indera kita menghindar dari godaaan-godaaan setan.Kerena mata batin kita bersih akan selalu Munajad ( mohon pertolongan Allah ), dan Istikharoh ( meminta petunjuk dari Allah SWT ).Jika batin sudah kotor maka terkunci nuraninya sulit menerima petunjuk dari Allah.