Wednesday, December 23, 2015

PENILAIAN KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PEMULA


Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati Jawa Tengah

http://dinamikagurusd.blogspot.co.id
Dalam kedudukannya sebagai calon pegawai negeri seseorang menempuh Pelatihan Pra Jabatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah atau Pusat sesuai kedudukan pangkat dan sifat tugas dan fungsi kerja masing-masing.Untuk melengkapi kedudukan sebagai jabatan fungsional guru seseorang membuat laporan Program Induksi sebagai syarat keduanya mencapai pegawai negeri sipil penuh.
Adapun komponen apa saja yang dinilai adalah sebagai berikut :

1.Penilaian

Penilaian kinerja guru pemula dilakukan pada akhir masa program induksi. Penilaian kinerja guru pemula dilakukan sebagaimana penilaian kinerja yang diterapkan terhadap guru
lain (senior) pada setiap tahun, dengan menggunakan Lembar Hasil Observasi Pembelajaran. Hasil penilaia kinerja pada akhir program induksi ditentukan berdasarkan kesebuatan antara pembimbing , kepala sekolah dan pengawas sekolah dengan mengacu pada prinsip profesional, jujur, adil, terbuka, akuntabel, dan demokratis. Peserta PIGP dinyatakan berhasil, jika semua elemen komptensi pada penilaian tahap kedua paling kurang memiliki kriteria nilai dengan kategori Baik. Penilaian guru pemula merupakan kinerja berdasarkan elemen kompetensi guru
yang terdiri dari :

1.Kompetensi pedagogik,
2.Kompetensi kepribadian,
3.Kompetensi sosial dan
4.Kompetensi profesional.
Keempat kompetensi tersebut dapat dinilai melalui observasi pembelajaran serta observasi pelaksanaan tugas lain yang relevan.Empat belas elemen kompetensi yang dinilai dalam penilaian kinerja guru pemula :
a.Kompetensi pedagogik
1) Memahami latar belakang siswa.
2) Memahami teori belajar.
3) Pengembangan kurikulum.
4) Aktivitas pengembangan pendidikan.
5) Peningkatan potensi siswa.
6) Komunikasi dengan siswa.
7) Asseemen dan evaluasi
b.Kompetensi kepribadian
1) Berprilaku sesuai dengan norma, kebiasaan dan hukum di Indonesia.
2) Kepribadian matang dan stabil.
3) Memiliki etika kerja dan komitmen serta kebanggaab menjadi guru.
c.Kompetensi sosial
1) Berperilaku inklusif, objektif dan tidak pilih kasih.
2) Komunikasi dengan guru,pegawai sekolah, orang tua dan masyarakat.
d.Kompetensi profesional
1) Pengetahuan dan pemahaman tentang sruktur, isi dan standar kompetensi mata belajar isi dan tahap-tahap pengajaran.
2) Profesionalisme yang meningkat melalui refleksi diri.

1.Pelaporan
Penyusunan laporan dilaksanakan pada bulan ke – 11 setelah penilaian tahap ke dua, dengan prosedur sebagai berikut :
a. Pembuatan Draft Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula oleh kepala sekolah yang didiskusikan dengan pembimbing dan pengawas.
b.Penentuan Keputusan pada Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula berdasarkan pengkajian penilaian tahap kedua dengan mempertimbangkan penilaian tahap pertama, yang selanjutnya guru pemula dinyatakan memiliki Nilai Kinerja dengan Kategori Baik.
c.Penandatanganan Laporan Hasil Penilaian Kinerja Guru Pemula oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah.
d.Pengajuan penerbitan Sertifikat oleh kepala sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten bagi guru pemula yang telah mencapai Nilai Kinerja dengan nilai minimal berkategori Baik.
KRITERIA PENILAIAN
Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan Lembar Penilaian Kinerja bagi Guru. Skor hasil penilaian selanjutnya dikonversi ke rentang 0-100, sebagai berikut.
Skor yang diperoleh
---------------------------- X 100 = ................ (Skor Akhir)
Total skor
Hasil skor akhir selanjutnya dimasukkan dalam kriteria nilai sebagai berikut:
91 - 100 = Amat Baik
76 - 90 = Baik
61 - 75 = Cukup
51 - 60 = Sedang
< 50 = Kurang