Sunday, December 20, 2015

Terima kasih guru,selamat atas soliditas dan solidaritas PGRI, selamat mengajar generasi Emas Indonesia 2015 !

Kepala SD Negeri Mojo 03 Cluwak Pati
http://dinamikagurusd.blogspot.com
@Kalim Nomor Pokok Anggota (NPA) PGRI 1233001164
Lahir di kota Pati 1964,tamat Sekolah Pendidikan Guru (SPG) 1983 diangkat Prgawai Negeri Sipil (PNS) sebagai guru muda negeri 1984.Lulus Sarjana Pendidikan 2009,Lulus S2 Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo 2013.Sekarang Kepala Sekolah SD Negeri Mojo 03 Dinas Pendidikan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati 2012 sampai sekarang

Sebagai anggota PGRI bagiku adalah cermin perkembangan kedewasaanku dalam setiap langkah -langkah keputusan hidup yang memartabatkan !
Sebagai seorang pengajar,semua gerak dan nafasku adalah dinamika dalam skala besar mencerdaskan anak bangsa.
Menurutku,keterbatasan lengkap dengan segala kekuranganku adalah pesona keindahan yang harus selalu disegarkan,dinilai mana yang meski ditumbuhkembangkan agar lebih berbobot dalam rumah Taqwa kepadaNya,sesama panggung pertemanan,keharmonisan rumah tangga,serta dalam kerja dan kebumi langitan berinspirasi masalah keguruan.
Selalu bersyukur dalam aura yang membijakkan,kini aku sudah tidak muda lagi,kewaspadaan serta pengalaman yang lalu kugenggam adalah kekuatanku berpikir,bertindak,bertutur,agar tanganku mekar membenihkan contoh-conroh tegar menjujurkan.
dunia pendidikan.
Masa lalu,yang mengumurkan aku untuk melawan lupa.Selamat datang masa depan.Seiring putih rambutku yang merupakan sebuah nasehat adalah perjalanan-perjalanan penuh perjuangan untuk senantiasa bersemangat,berprinsip aku kepingin hidup seribu tahun lagi bersama jiwa guru !
Ini saya baktikan sebagai rasa soliditas dan solidaritas guru Indonesia dan semua guru dunia pada umumnya.
Terima kasih guru,selamat atas soliditas dan solidaritas PGRI selamat mengajar generasi Emas Indonesia !
admin
http:dinamikagurusd.blogspot.com

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa Guru PGRI menyadari bahwa jabatan guru adalah suatu profesi yang terhormat dan mulia. Guru mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur, dan beradab.
Guru PGRI selalu tampil secara profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru PGRI memiliki kehandalan yang tinggi sebagai sumber daya utama untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Guru PGRI adalah insan yang layak ditiru dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya oleh peserta didik, yang dalam melaksankan tugas berpegang teguh pada prinsip "ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani". Dalam usaha mewujudkan prinsip-prinsip tersebut Guru PGRI ketika menjalankan tugas-tugas profesionalnya dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi.
Guru PGRI bertanggung jawab mengantarkan siswanya untuk mencapai kedewasaan sebagai calon pemimpin bangsa pada semua bidang kehidupan. Untuk itu, pihak-pihak yang berkepentingan selayaknya tidak mengabaikan peranan guru dan profesinya, agar bangsa dan negara dapat tumbuh sejajar dengan dengan bangsa lain di negara maju, baik pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kondisi seperti itu bisa mengisyaratkan bahwa guru dan profesinya merupakan komponen kehidupan yang dibutuhkan oleh bangsa dan negara ini sepanjang zaman. Hanya dengan pelaksanaan tugas guru secara profesional hal itu dapat diwujudkan eksitensi bangsa dan negara yang bermakna, terhormat dan dihormati dalam pergaulan antar bangsa-bangsa di dunia ini.
Peranan guru semakin penting dalam era global. Hanya melalui bimbingan guru yang profesional, setiap siswa dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, kompetitif dan produktif sebagai aset nasional dalam menghadapi persaingan yang makin ketat dan berat sekarang dan di masa datang.
Dalam melaksanakan tugas profesinya Guru PGRI menyadari sepenuhnya bahwa perlu ditetapkan Kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman bersikap dan berperilaku yang mengejewantah dalam bentuk nilai-nilai moral dan etika dalam jabatan guru sebagai pendidik putera-puteri bangsa.
Amin